Kinerja Ibnu-Herman Kelola Banjarmasin Dibedah Pakar

0

CATATAN kinerja pemerintahan duet Walikota Ibnu Sina bersama Wakil Walikota Hermansyah memimpin Banjarmasin selama kurun waktu hingga 2017 menjadi isu yang ingin dibedah Pusat Kajian Kebijakan Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

KETUA Pusat Kajian Kebijakan Publik ULM, Dr (Cand) Taufik Arbain mengatakan kegiatan diskusi publik bertema Membaca Banjarmasin 2017, berupa catatan evaluasi kinerja pemerintahan Ibnu-Herman selama kurun waktu hingga 2017.

“Diskusi publik ini sangat penting dalam meningkatkan partisipasi publik dalam pembangunan daerah. Terlebih lagi, warga Banjarmasin sangat dinamis dalam menyikapi isu kebijakan, kinerja pemerintahan, serta aspek lainnya yang menjadi tanggungjawab Pemkot Banjarmasin. Ini semua menjadi catatan bagi kita dalam menatap Banjarmasin ke depan lebih baik lagi,” beber Taufik Arbain kepada jejakrekam.com, Senin (25/12/2017).

Dosen FISIP ULM ini mengatakan diskusi publik juga menjalin kerjasama dengan Pemkot Banjarmasin. Diharapkan Taufik Arbain, lewat diskusi publik ini bisa menjadi bagian dari kemajuan jangkauan pikiran pemerintah kota dalam membangun partisipasi publik.

“Diskusi publik ini fokus evaluasi yang sangat jarang dilakukan dan diinisiasi pemerintah kota sendiri dalam menjawab dinamika warga kota,” beber Taufik.

Mahasiswa doktoral Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini mengatakan tujuan diskusi evaluasi merupakan wahana dalam memberi ruang dalam menilai, monitoring termasuk menelaah keberhasilan,  kegagalan dan sebab-musababnya sebagaimana ditengarai pakar kebijakan publik  James Anderson (1969) yang bertujuan untuk melihat manfaat suatu kebijakan.

Untuk brainstorming diskusi ini, Pusat Kajian Kebijakan Publik ULM mengudang para pakar seperti Dr Arif Budiman (pakar ekonomi dan pemasaran ULM), Ketua Pusat Kajian Anti Korupsi dan Good Governance ULM, Ahmad Fikri Hadin serta pakar perkotaan, Bachtiar Noor GradDil MA, dengan moderator, Setia Budhi Ph.D.

Diskusi ini akan diselenggarakan di Rumah Anno 1926, kawasan Menara Pandang Siring Tendean pada Rabu (27/12/2017) pukul 08.30 Wita hingga selesai. “Diskusi ini juga mengundang berbagai elemen masyarakat. Kami juga menyajikan hasil survei evaluasi kinerja Pemkot Banjarmasin dalam representasi warga kota. Nantinya, diskusi ini juga dihibur Banua Raya Akuistik,” imbuh Taufik Arbain.(jejakrekam)

Penulis : Ahmad Husaini

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Dok Sunarti Sunarwo

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.