Visitasi Inkindo Kalsel Perkuat Regulasi Organisasi

0

IKATAN Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kualitas para anggotanya melalui banyak cara.

DEWAN Pengurus Nasional (DPN) Inkindo memberikan paparan pada Visitasi WKU Inkindo Wilayah II Sosialisasi AD/ART Inkindo Tahun 2016, (mengenai Pemilihan e-Voting) Sosialisasi Pedoman Standar Minimal (Billing Rate), Sosialisasi Undang-Undang Jasa Konstruksi No 2 Tahun 2017, ke Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Inkindo Kalimantan Selatan, di Banjarmasin, Senin (18/12/2017).

Hadir WKU Pengembangan Kapasitas Lembaga Provinsi Wilayah II HNK Wibisana dan Wasekjen Pengembangan Kapasitas Muaz Yahya didampingi Ketua DPP Inkindo Kalsel Syamsul Arifin dan Sekretaris H Zainal Syaufi serta Ketua Panitia Agung Nugroho.

Sejak 38 tahun berdiri, Inkindo sudah mengalami 11 kali perubahan AD/ART. Perubahan kali ini diharapkan bisa bertahan lama setidaknya hingga di usia emas, 50 tahun, keberadaan Inkindo.

“Untuk melengkapi keberadaan AD/ART, Inkindo juga membentuk sebuah peraturan organisasi atau yang oleh sebagian anggota Inkindo menyebutnya sebagai buku putih,” tambah HNK Wibisana.

Di hadapan Ketua DPP Inkindo Kalsel Syamsul Arifin dan Sekretaris H Zainal Syaufi, Ketua Panitia Agung Nugroho serta serluruh peserta sosialisasi,  diinformasikan  bahwa Inkindo akan menerapkan pola e-voting untuk digunakan dalam setiap perhelatan pesta demokrasi di internal Inkindo seperti pemilihan kepengurusan baik di tingkat nasional maupun provinsi.

“Ini untuk lebih meningkatkan jumlah partisipasi anggota dalam menggunakan hak pilihnya, serta eksistensi Inkindo sebagai organisasi profesi sangat diperhitungkan,” imbuhnya.

Senada itu, Ketua DPP Inkindo Kalsel Syamsul Arifin memastikan penerapan sistem e-voting di Inkindo, merupakan yang pertama di Indonesia. “Ya, tergantung provinsi yang siap saja, dan Inkindo Kalsel sangat siap untuk pemilihan melalui e-voting,” sela Zainal Syaufi.

Syamsul berharap, dengan adanya sosialisasi memberikan pemahaman yang konprehensif bagi anggota dan pengurus, sehingga organisasi Inkindo senantiasa selalu meningkat dalam aspek kemampuan di bidang yang telah ditentukan.(jejakrekam)

Penulis : Economics

Editor   : Afdi Achmad

Foto     : Istimewa

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.