Kejati Diminta Tuntaskan Dugaan Korupsi di Kalsel

0

DUKUNGAN moral kepada Kejaksaan Tinggi Kalsel dan Polda Kalsel terus digelorakan Forum Pembela Bangsa dan Negara (Forpeban) dan Pemuda Islam, serta Ikatan Putra Putri Indonesia (IPP). Terbukti, organisasi yang dipimpin HM Hasan, Din Jaya, dan Rolly Irawan tersebut menyuarakan pengusutan secara tuntas beberapa kasus berbau korupsi di Kalimantan Selatan.

DUGAAN penyalahgunaan wewenang di DPRD Balangan, RSUD Ulin Banjarmasin, perjalanan dinas DPRD Kalsel, pengadaan sarana kedelai Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banjar TA 2016, pembangunan gedung RSUD H Boejasin Tanah Laut TA 2016, pelaksanaan proyek pembangunan jalan produksi Dinas Perikanan dan Kelautan Banjar TA 2015 menjadi isu yang diangkat para pendemo.

Puluhan pengunjuk rasa pada Kamis (5/10/2017) pukul 10.00 Wita meneriakkan yel-yel, dan meninta Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel DR Abdul Muni memproses dugaan tindak pidana korupsi secara cepat. “Kami memberikan dukungan moral kepada kejaksaan, dan kami juga mempertanyakan laporan yang kami serahkan kepada penyidik,” ujar Koordinator Aksi Din Jaya saat berorasi di depan Kejati Kalsel, Kamis (5/10/2017).

Ia berharap kejaksaan tidak tebang pilih dalam melakukan pengusutan beberapa kasus yang telah disampaikan Forpeban, Pemuda Islam, dan IPPI. “Aksi ini sebagai bentuk keprihatinan kami dalam penegakkan hokum yang lamban. Dan kami meminta kejaksaan segera memproses,” ucapnya.

Senada itu, Kepala Kejati Kalsel Abdul Muni menegaskan, pihaknya tidak tebang pilih dalam melakukan pemeriksaan terhadap kasus yang dilaporkan masyarakat. “Kejati Kalsel sangat berterima kasih kepada masyarakat yang memberikan informasi. Ini kontrol sosial masyarakat kepada kejaksaan, dan kami mengapresiasi serta berterima kasih. Kami selalu menindak lanjuti laporan. Mohon doa, mudah-mudahan kasusnya cepat rampung,” tandas mantan Adpidsus Kejati Kalsel ini.

Sebelum unjuk rasa, Forpeban, Pemuda Islam, dan IPPI mendatangi Polda Kalsel untuk memberikan dukungan moral kepada polisi dalam pemberantasan narkoba di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. “Kami apresiasi dan dukung, para polisi yang bersikap tegas, profesional tanpa pandang bulu, dan cepat dalam memberantas para bandar narkoba dan obat terlarang,” imbuhnya (jejakrekam)

Penulis : Sira

Editor  :  Afdi Achmad

Foto    :   Sira Awdy

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.