Warga Dihimbau Waspada Terhadap Banjir Musiman

0

MENINGKATNYA debit air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito dalam beberapa hari terakhir dan sudah merendam ratusan dan bahkan ribuan rumah warga yang berada di dataran rendah. Warga pun dihimbau agar selalu waspada dengan adanya banjir musiman yang melanda setiap musim penghujan.

Selama tiga hari ini beberapa Kecamatan di wilayah DAS Barito, seperti Lahei Barat, Lahei, Teweh Baru, Teweh Tengah, Teweh Selatan dan Montallat telah dilanda banjir yang menenggelamkan ribuan rumah, perlu diwaspadai.

Mengingat hujan nampaknya terus turun kendati air mulai surut hingga hari ini beberapa centimeter sudah tak menampakan naik, tapi pasca banjir warga harus selalu waspada.

Wakil ketua DPRD Barut, Aception kepada jejakrekam.com, Senin (21/8)   menghimbau kepada warga masyarakat yang rumahnya berada di dataran rendah agar selalu waspada terhadap banjir.

Dalam beberapa hari terakhir ini Sungai Barito mengalami pasang dan begitu cepat meningkat, untuk itu diharapkan agar masyarakat yang memiliki anak untuk tetap waspada dan menjaga anak-anak agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Selain itu juga, dia menghibau kepada masyarakat yang tempat tinggalnya sudah tergenang banjir agar memindahkan barang-barang yang memiliki arus listrik ke tepat yang lebih tinggi.

“Pemerintah daerah melalui instansi terkait agar dapat memberikan bantuan kepada masyarakat yang telah terganang banjir, sehingga aktivitas mereka dapat tetap berjalan, seperti memberikan bantuan untuk alat transportasi air yakni perahu karet serta bantuan bahan makanan,” jelasnya.(jejakrekam)

 

Penulis         :Bani

Editor           :Fahriza

Foto              :Bani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.