Nominator Tala 1, Bak Laga Politisi Versus Pengusaha

0

PETA politik jelang suksesi pemilihan Bupati-Wakil Bupati Tanah Laut 2018 mendatang, makin dinamis. Konfigurasi figur yang digadang-gadang diusung sebagai kandidat Tala 1 dan 2 makin menggemuk di masa penjaringan di sejumlah parpol.

DERETAN bursa nama bakal calon Bupati-Wakil Bupati Tanah Laut pun cukup panjang. Untuk masa penjaringan di Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang mengantongi 4 kursi di DPRD Tala, ada sejumlah kader parpol lainnya. Sebut saja, Bupati Tala yang merupakan kader PDI Perjuangan serta calon petahana, Bambang Alamsyah bersama Sukamta (Wakil Bupati Tala).

Kemudian, dari Partai Golkar terdapat nama H Rahimullah (Ketua DPD Golkar Tala) bersama sekretarisnya, Anang Alinafiah. Lalu, disusul kader Partai Gerindra seperti putri pengusaha batubara H Abidin yakni Hj Mariana serta Ketua DPK PKPI Kabupaten Tanah Laut, Romansyah hingga Arkani (Ketua DPC Partai Demokrat Tala), turut melamar ke Partai Nasdem. Sedangkan di kalangan internal, ada Norasya Verdiana (Wakil Sekretaris DPW Partai Nasdem Kalsel), Edy Purwanto (Ketua DPD Partai Nasdem Tala).

Sementara itu dari kalangan eksternal dan tak berlatar belakang politisi, pengusaha M Danu Tri Nugroho, H Tajerian Noor (bos PT BKW), serta Ustadz Zainal Abidin, pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum, turut disaring Tim 5 DPD Partai Nasdem Tala.

“Daftar nama ini merupakan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Tanah Laut yang melamar ke Partai Nasdem. Kini tinggal, proses penjaringan yang akan dilakukan DPW Partai Nasdem Kalsel,” ucap Ketua DPD Partai Nasdem Tala, Edy Purwanto kepada jejakrekam.com, Minggu (16/7/2017).

Nah, dari 35 kursi yang ada di DPRD Tanah Laut, hanya PDIP yang mengantongi 8 kursi bisa mengusung jago secara mandiri tanpa harus berkoalisi. Disusul, 5 kursi Partai Gerindra, dan 4 kursi masing-masing milik Partai Nasdem dan Partai Golkar. Di papan tengah, ada Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bermodal 3 kursi, lalu 2 kursi masing-masing dimiliki Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai Amanat Nasional (PAN), serta satu kursi jatah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

“Untuk Pilkada Tala, kami masih menunggu pergerakan sejumlah figur yang mencuat ke publik. Rencananya, PKS juga akan membuka penjaringan. Sekali lagi, untuk Pilkada Tanah Laut, kami siap berkoalisi dengan parpol mana saja,” ujar Sekretaris DPW PKS Kalsel, Awan Subarkah.(jejakrekam)

Penulis : Afdi NR

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Didi G Sanusi

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.