Hotel Menjamur, Perang Tarif Kamar Makin Sengit

0

PERANG tarif antar hotel di Banjarmasin dan Banjarbaru masih mendominasi. Pertumbuhan hotel memang belum sebanding dengan tingkat okupansi, sehingga ada beberapa hotel berjaringan internasional, nasional hingga lokal harus bersaing merebut pasar tamu.

RATA-rata saat Ramadhan dan lebaran Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, tingkat hunian hotel mengalami penurunan tajam. Hal itu juga diakui General Manager Hotel Banjarmasin Internasional (HBI) Ery Sudarisman. “Memang, selama lebaran, hunian hotel alami penurunan,” ucapnya kepada jejakrekam.com, Rabu (5/7/2017).

Ia memprediksi pasca lebaran, akan terjadi grafik okupansi yang cenderung normal dengan kisaran hunian 30 persen dari total kamar yang disediakan. “Untuk HBI, kami menyediakan 120 kamar. Sebab, pasca libur panjang lebaran ini, sejak 2 Juli 2017 sudah ada yang menyewa kamar dan aula untuk pesta perkawinan. Termasuk, acara hiburan dengan mendatangkan artis dari ibukota,” kata Ery.

Hal yang sama juga dirasakan pemilik hotel berbintang lainnya, Hj Erni. Ia mengakui sesuai Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, terjadi lonjakan tingkat hunian yang mencapai 40-60 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Pemilik lima hotel berjaringan ini seperti Hotel Regenerasi,  Sunrice dan Hotel Kharisma mengungkapkan kebanyakan para tamu itu datang dari Kalimantan Tengah dan sebagian dari Kalimantan Timur.  “Mereka biasanya memilih menginap di hotel ketika datang ke Banjarmasin. Rata-rata mereka menghinap itu dari 1 hari hingga 6 hari lamanya,” kata Hj Erni.

Di tengah persaingan dan perang tarif hotel di Banjarmasin yang makin menjamur, Hj Erni mengakui strategi pasar yang bisa dijalankan adalah meningkatkan kualitas pelayanan serta mengatur tarif agar tetap untung, walau sedikit. “Terpenting dalam bisnis hotel itu adalah tamu merasa puas dan berkesan, tentu mereka akan datang kembali,” imbuhnya.

Sementara itu, Irwan (35 tahun), warga Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) ini mengaku lebih memilih menginap di hotel saat berliburan di Banjarmasin. “Saya biasanya menginap di akhir pekan pada Sabtu dan Minggu, ya kami liburan di Banjarmasin dan menikmati objek wisata yang ada, selain berbelanja,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis  : Asyikin/Afdi NR

Editor    : Didi G Sanusi

Foto      : Didi G Sanusi

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.