Mahasiswa Palangkaraya Komitmen Jaga NKRI

0

UNTUK kali kedua, setelah pada 1 Juni lalu, Tugu Soekarno Jalan S Parman Palangkaraya, menjadi saksi bisu, deklasrasi dari masyarakat Bumi Tambun Bungai, yang bertekad dan berkomitmen menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun kali ini dilakukan oleh mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Kota Palangkaraya.

DIANO Permana yang mewakili rekan-rekannya dipercaya untuk menyampaikan kebulatan tekad, bahwa seluruh mahasiswa anti radikal, intoleransi dan cinta NKRI. “Momentum ini bukti kita cinta kepada NKRI. Sampai kapanpun Pancasila tetap relevan. Pancasila.tidak tercetus dengan sendirinya, tetapi digali dari dalam masyarakat Indonesia itu sendiri,”kata Diano, di Tugu Soekarno Palangkaraya, Jumat (16/6/2017) sore.

Untuk itu, ia mengajak agar seluruh mahasiswa dapat menanamkan rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme di dalam diri masing-masing sehingga bisa memperkuat pribadi sebagai agen perubahan.
“Mari kita kawal, kita jaga keutuhan NKRI yang kita cintai ini. Kita tetap jadikan Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup. Karena tidak ada yang bisa menggantikan Pancasila sebagai landasan hidup,”ujarnya.

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Assisten III Administrasi Umum Pemprov Kalteng, I Ketut Widhi Wiriyawan, menyatakan, kebhinnekaan menjadi kekuatan membangun Bumi Tambun Bungai, menuju Kalteng Berkah.”Dengan adanya momen deklarasi ini, kita sebagai anak bangsa kembali ke jati diri, yaitu bangsa yang ramah, menghargai perbedaan dan suka bergotong royong serta bangsa yang berjiwa besar,”ucapnya.

Sementara itu Kapolda Kalimantan Tengah, Brigjend Polisi Anang Revandoko, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapolres Palangkaraya, AKBP Lili Warli, mengatakan, deklarasi tersebut bertujuan untuk memberikan penyadaran bagi generasi muda, bahwa upaya menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI belum berakhir.

Pasalnya, berbagai ancaman dan tantangan yang mengarah kepada rapuhnya NKRI, masih dan akan terus berlangsung.”Karena itulah, deklarasi ini merupakan momentum mewariskan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme bagi generasi muda, untuk tetap menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI,”imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis  : Tiva Rianthy
Editor    : Fahriza
Foto      : Tiva Rianthy

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.