TBM Bagi-Bagi Beasiswa di Kuripan dan Paminggir

0

RAMADHAN datang membawa berkah. Hal ini dirasakan ratusan pelajar dan guru honorer yang ada di Kecamatan Kuripan, Kabupaten Barito Kuala dan Kecamatan Paminggir, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Daerah pelosok di Provinsi Kalimantan Selatan ini, mendapat sentuhan dari perusahaan perkebunan besar kelapa sawit.

KEPADA para guru honorer yang berdedikasi daan para siswa yang meraih prestasi belajar di sekolah diganjar PT Tri Buana Mas (TBM). Perusahaan kelapa sawit di bawah bendera Astra Agro Lestari Tbk ini memberi beasiswa kepada siswa dan penghargaan kepada para guru.

Beasiswa i diberikan bagi peraih rangking pertama di sekolah, setiap semester. Beasiswa berupa uang tunai untuk keperluan sekolah sendiri, langsung diserahkan dalam sebuah acara di depan Kantor Camat Kuripan, Desa Rimbun Tulang, Kabupaten Barito Kuala, Rabu (31/5/2017).

Rona bahagia pun terpancar dari anak-anak yang mendapatkan beasiswa langsung. Mereka pun tidak mengira bisa mendapatkan hadiah beasiswa dari swasta. Apalagi program beasiswa jarang bisa didapatkan untuk mereka yang bermukim di pelosok kampung dan ratusan kilometer dari pusat kota. Para pelajar dari berbagai kampung, mulai  Desa Tabat, Tabat Baru, Jambu Baru, Rimbun Tulang, Balukung, Kuripan, dan Paminggir semula mengira diajak para gurunya, untuk menghadiri acara Pesantren Ramadhan di halaman Kantor Kecamatan Kuripan. Namun mereka dibuat surprise, teryata untuk mendapatkan bantuan beasiswa dari PT Tri Buana Mas.

“Alhamdulillah, bantuan beasiswa ini sangat surprise bagi ulun (saya, red) . Karena tidak mengira sama sekali diberi beasiswa oleh perusahaan perkebunan  sawit. Antara percaya atau tidak, eh ternyata beneran, ulun sangat bersyukur,” ungkap Karina, salah satu murid asal Desa Balukung, Batola, yang sempat  terkejut diajak gurunya ke Kecamatan Kuripan.

Rasa haru juga dirasakan para guru honorer dan PAUD, karena dedikasi mereka diapresiasi sebuah perusahaan swasta. Beberapa diantara pahlawan tanpa tanda jasa dan gaji tetap ini, menitikkan air mata saat dipanggil satu persatu untuk menerima bantuan dari manajemen perusahaan perkebunan sawit. Meskipun harus dibagi dengan beberapa temannya sesama  tenaga honor, bantuan ini pun dirasakan sangat berarti. Karena sangat jarang mereka bisa menerima anugerah seperti ini.

“ Kami sangat bersyukur sekali, ternyata masih ada yang peduli dengan kami guru honor. Alhamdulillah, tentunya bantuan ini sangat bermanfaat untuk menunjang aktivitas kami mengabdi di desa-desa terpencil. Keikhlasan kami mengabdi, ada perhatian dari pihak swasta,” ujar Maidah, salah satu pengajar di kawasan Kuripan, yang ikut menemani siswanya menerima bantuan beasiswa.

Humas PT Tri Buana Mas (TBM), Sumadi, kegiatan di bulan Ramadhan ini salah satu bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan di daerah, khususnya kawasan di sekitar perusahaan  perkebunan sawit. Beasiswa sendiri salah satu program yang mereka berikan langsung kepada para pelajar berprestasi, yang merupakan warga di sekitar perusahaan mereka. Bantuan beasiswa kepada pelajar dan bantuan pengabdian kepada guru honorer, semata-semata ingin berbagi dan bagian dari program Astra Agro Lestari, yang turut mensejahterakan masyarakat.

“ Prinsipnya di mana perusahaan itu berada, kami ingin menyejahterakan masyarakat yang di sekeliling perkebunan sawit. Salah satunya melalui program CSR, memberikan bantuan anak sekolah, guru honorer, termasuk bantuan kesejahteraan umum. Semoga ini memberi manfaat bagi masyarakat,” tuturnya.(jejakrekam)

Penulis  : Olpah Sari Risanta

Editor   :  Didi G Sanusi

Foto     :  Olpah Sari Risanta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.