Kawal Penyerapan Anggaran, Kalau Ada Penyimpangan Tetap Ditindak

0

KINERJA jajaran kejaksaan negeri yang berada di daerah aliran sungai (DAS) Barito langsung dimonitoring Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Kalimantan Tengah, Andi Herman di Aula Kejari Barito Utara, Muara Teweh, Rabu (17/5/2017).

“SAAT ini, anggaran berbasis kinerja dan diukur seberapa besaran serapan anggaran. Makanya, roda perekonomian daerah baik bersumber dari APBN dan APBD harus terus didorong. Ini menjadi tugas kejaksaan agar penyerapan anggaran lebih besar sesuai dengan kinerja,” kata Wakajati Kalteng, Andi Herman kepada jejakrekam.com, di Muara Teweh.

Untuk itu, jaksa tinggi bintang satu ini berharap tugas pendampingan yang dilakukan Tim Pengawal, Pengaman , Pembangunan dan Pemerintahan Daerah (TP4D) benar-benar bisa bekerja optimal. “Terutama dalam pengawalan anggaran daerah, khususnya pencegahan dan penyimpangan anggaran. Jadi, aparatur daerah tak perlu ragu-ragu dalam membuat rencana kegiatan. Sebab, dari awal kita sudah melakukan pencegahan,” ujar Andi Herman.

Mantan Asintel Kejati Jawa timur ini menekankan pentingnya tugas TP4D harus berjalan secara parallel, karena setiap ada penyimpangan harus dilakukan pemeriksaan dan bukan justru melakukan pembiaran. “Dari awal kami lakukan pengawasan, tentu berbeda dengan tidak dilakukan pengawwasan. Jadi upaya penindakan terhadap dugaan penyimpangan tetap harus dilakukan. Jangan pihak kejaksaan bersifat menunggu untuk melakukan pemeriksaan, meski orientasi pencegahan lebih diutamakan,” pungkas mantan Koordinator Jamintel Kejagung RI ini.(jejakrekam)

Penulis  : Syarbani

Editor    :  Didi G Sanusi

Foto       :  Syarbani

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.