Ditolak Warga, Dinas PUPR Kalsel Ancam Pindahkan TPS 3R Mantuil

0

PENOLAKAN warga terhadap pembangunan tempat pengelolaan sampah ala reduce, reuse dan recycle (TPS 3R) di Komplek Aldi Citra Persada RT 26, Mantuil, Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin terkendala. Padahal, untuk memuluskan proyek itu sudah disiapkan dana yang akan digelontorkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan (PSPL) Bidang Cipta Karya Dinas PU dan Penataan Ruang Kalsel dalam APBN 2017.

KENDALA penolakan itu diakui Kepala Satker PSPL Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kalimantan Selatan, Rio Pranata. Ia mengatakan pihaknya terus mendorong dan mendesak permasalahan yang ada di lahan segera kelar. “Lahan itu memang milik Pemkot Banjarmasin. Hanya saja, ada segelintir warga yang menolak. Makanya, kami mendesak agar Pemkot Banjarmasin segera menuntaskan masalah ini, agar anggaran bisa segera diserap,” ujar Roy kepada jejakrekam.com, di Banjarbaru, Selasa (16/5/2017).

Ia mengungkapkan untuk dana APBN yang digelontorkan bagi pembangunan TPS 3R itu berada di empat titik yakni Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan, dan Tanah Bumbu. “Hanya di Banjarmasin yang terkendala. Sebetulnya, kami berencana membangun dua titik, namun sekarang sudah ada 8 TPS 3R di Banjarmasin,” kata Roy.

Menurutnya, penentuan titik di Mantuil itu sudah melalui seleksi dan ditetapkan pemerintah pusat. Namun, kata dia, karena belum tak juga beres, dipastikan Banjarmasin tak akan dapat jatah pembangunan TPS 3R lagi. “Kami tak akan mengajukan usulan itu buat Banjarmasin. Ini jika masalah di Mantuil itu tak selesai, dan bisa saja kami pindahkan ke daerah lain,” katanya.

Untuk itu, Roy menegaskan Dinas PUPR Kalsel mendeadline dalam lima bulan ke depan, masalah penolakan warga sekitar terhadap pembangunan TPS 3R itu harus segera dituntaskan Pemkot Banjarmasin. “Deadline pekerjaan sampai Desember 2017 nanti. Nah, kami akan menunggu kepastiannya. Kalau tak beres, ya terpaksa kami batalkan dan pindahkan ke tempat lain,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis  : Wan Marley

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Radar Banjarmasin

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.