Kunjungi Tanbu, Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Kapiten Lau Pulo

0

PENOBATAN gelar adat Kapiten Lau Pulo diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Tugu Pantai Pagatan, tepi Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Minggu (7/5/2017) pagi. Gelar ini adat ini diberikan kepada Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi oleh Ketua Lembaga Adat Tanah Bumbu Burhansyah.

PRESIDEN Jokowi menerima pengalungan kain adat dan penyematan ikat pinggang, yang merupakan bagian dari penobatan gelar adat ini. Usai prosesi gelar adat, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana berjalan ke arah dermaga Pantai Pagatan Tanah Bumbu untuk menyerahkan persajian serta menyaksikan dan melepas secara langsung kapal-kapal yang akan dilarung dalam prosesi  puncak budaya maritim pesta laut Mappanretasi Kabupaten Tanbu 2017.

Saat berjalan dari dermaga usai prosesi melarung, Presiden Jokowi tak lupa untuk menyapa warga yang antusias menyambut kedatangannya di tepi Pantai Pagatan. Dalam acara itu, Presiden didampingi oleh Ibu Iriana Jokowi, serta Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor beserta istri.

Saat datang ke Bumi Bersujud, rombongan Presiden Jokowi disambut para pelajar SD sembari melambaikan bendera merah putih, sepanjang jalan Bandara Bersujud hingga Hotel Ebony. Kehadiran Presiden Jokowi ke Tanah Bumbu juga membawa agenda untuk perkuat ketahanan maritim Indonesia. Sebab, di Hotel Ebony Batulicin pada malamnya, Presiden Jokowi bersilaturahmi dngan tokoh adat Tanah Bumbu serta Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Hingga usai acara puncak Mappanretasi,  Presidan RI ke-7 ini melanjutkan agenda pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Program Keluarga Harapan (PKH) serta pemberian makanan tambahan atau PMT kepada warga Batulicin. Selanjutnya, usai berkunjung ke Tanah Bumbu, rombongan Presiden RI ini menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru untuk melanjutkan agenda selanjutnya di Kabupaten Tanah Laut. (jejakrekam)

Sumber : Setkab.go.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.