Gubernur Kalsel : Jangan Berharap Proyek Pemerintah, Bidik Sektor Swasta

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor meminta pengusaha konstruksi yang ada di Banua untuk lebih kreatif mencari sumber pekerjaan lain, tak hanya bertumpu pada proyek pemerintah dengan kebijakan pemangkasan anggaran serta moratorium pembangunan gedung baru.

PENEGASAN ini dilontarkan Paman Birin-sapaan akrab orang nomor satu di Pemprov Kalsel dalam membuka Musyawarah Daerah (Musda) XII Provinsi Kalsel dan Rapat Kordinasi Wilayah Gapensi se Jawa Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Kalimantan, di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Selasa (2/5/2017).

“Saat ini jika mengandalkan proyek dari pemerintah saja akan sangat sulit di tengah pemangkasan anggaran oleh pemerintah pusat. Jadi, supaya bisa bertahan saya harapkan bisa mencari sumber pendapatan lain, salah satunya proyek yang bersumber dari sektor swasta,” kata Paman Birin.

Agar bisa mendapat proyek dari sektor swasta, pengusaha konstruksi di Kalsel diharapkan Paman Birin, bisa lebih serius dalam berbenah diri, terutama dari sisi sumber daya manusia (SDM) hingga teknologi agar makin banyak pihak swasta yang mempercayakan pembangunan infrastrukturnya.

“Nah melalui even Musda Gapensi Kalsel ini, saya harapkan bisa menjadi momentum tepat untuk berbenah diri bagi pengusaha konstruksi di Banua untuk bisa lebih siap menggarap berbagai proyek swasta yang potensinya cukup menjanjikan sekarang,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gapensi Iskandar Z Hartawi juga menginginkan Musda XII dan Rakorwil se-Indonesia Tengah bisa menjadi sarana bagi pengusaha konstruksi lokal untuk saling bahu membahu membantu agar lebih siap menghadapi persaingan global.

Hal itu penting karena sekarang ini musuh utama pengusaha kontruksi bukanlah sesama anggota Gapensi, namun pengusaha kontruksi luar yang sudah mulai masuk dengan SDM dan teknologi yang lebih mumpuni.”Mau tidak mau, siap atau tidak siap, persaingan global di bisnis usaha kontruksi sudah hadir sekarang di Indonesia, tak terkecuali Kalsel. Karena itulah kesiapan menghadapi persaingan ini harus dilakukan oleh pengusaha kontruksi lokal tanpa terkecuali,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua DPD Gapensi Edy Suryadi mengaku siap kembali mengemban amanah sebagai Ketua Gapensi Kalsel Periode 2017-2021. Jika terpilih, Edy pun siap melakukan pembinaan pada pengusaha kontruksi lokal untuk lebih siap bersaing di era global.

“Bukan hanya anggota, pembinaan juga akan kami lakukan pada pengusaha kontruksi pemula agar lebih siap menjadi pengusaha mapan. Bahkan kami inginkan kedepan anggota gapensi Kalsel nantinya bisa lebih banyak menggarap proyek ditingkat lokal saja, namun juga sampai nasional,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis  : Afdi NR

Editor    : Afdi NR

Foto       :  Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.