Husairi Abdi

Terbatas Komputer, SMAN 1 Banjarmasin Bagi UNBK Tiga Sesi

0

PERSIAPAN menyambut pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang membutuhkan fasilitas memadai dan mentalitas para siswa kelas XII, sudah dilakoni SMAN 1 Negeri Banjarmasin di Kompleks Mulawarman, Banjarmasin.

TERCATAT ada 297 siswa sekolah favorit ini yang akan mengikuti UNBK yang dibagi dalam tiga sesi mengingat fasilitas komputer yang terkoneksi secara online harus digunakan secara bergantian. “Ada tiga sesi untuk UNBK di sekolah kami. Yakni, para peserta ujian akhir yang akan mengikutinya pada pagi, siang dan sore hari,” ujar  Wakil Kepala SMAN 1 Banjarmasin, Drs Abdul Hadi Sutrisno MPd Selasa (28/2).

Ia menjelaskan untuk UNBK kali ini diwajibkan para peserta meneken daftar hadir dengan tandatangan asli, kemudian langsung dikirim dengan pengawasan tiga orang yakni tenaga teknisi, administrasi, dan pengawas sekolah lain. “Jadi, UNBK di SMAN 1 Banjarmasin terjamin keamanannya. Kami yakin siswa mampu menjawab soal UNBK dengan benar, sebab pengalaman cukup lama,” kata lulusan Universitas Negeri Solo ini.

Meski hanya dua kali melakukan tryout UNBK, Abdul Hadi menilai dari pengamatan dan evaluasi justru pelaksanaannya dapat berjalan lancar di SMAN 1 Banjarmasin. Hanya saja, kendala yang dihadapi dalam UNBK, diakui Abdul Hadi adalah pengaturan sesi yang harus diperhatikan. “Terkadang anak sibuk asyik belajar, maka sering lupa waktu untuk UNBK yang diisi 90 komputer dengan 3 ruang kelas,” kata guru matematika ini.

Menurutnya, kemampuan sekolah membeli atau mengadakan komputer cukup terbatas, terlebih lagi perangkat CPU dan lainnya itu hanya digunakan sesuai keperluan, walaupun di sisi lain jumlah siswa  yang jadi peserta UNBK sangat banyak. “Ya, tergantung sekolah untuk mengatur siswa UNBK. Kalau SMAN 1 Banjarmasin, dibagi dalam tiga sesi karena komputer terbatas 90 unit dengan siswa 297 orang,” ucapnya. Ia mengatakan untuk UNBK di SMAN 1 Banjarmasin baru terlaksana selama dua tahun yakni  2016 dan 2017. “Tapi, sudah siap untuk melaksanakan UNBK tahun ini,” tandas Abdul Hadi.(jejakrekam)

Penulis : Afdi NR

Foto     : Afdi NR

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.