Saat UNBK, Siswa Diberi Kode Token dan Password Tersendiri

0

SECARA gradual, ujian nasional (UN) akan dihelat pada April-Mei 2017. Untuk SMK digelar pada 3-6 April 2017, SMA/MA pada 10-13 April 2017, dan SMP/MTs digelar dalam dua gelombang.

KEBIJAKAN ini ditempuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi siswa SMP/MTs yang membagi UN secara bergelombang. Yakni, gelombang pertama pada 2,3,4 dan 5 Mei 2017, dan gelombang kedua dijadwalkan berlangsung pada 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017.

Untuk menghadapi UN serta ujian nasional berbasis komputer (UNBK), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, HM Yusuf Effendi mengingatkan agar setiap sekolah lebih memperbanyak simulasi dan tryout terkhusus dalam menggunakan komputer bagi UNBK tingkat SMA/SMK.

“Terpenting lagi adalah agar siswa memperbanyak doa dan bimbingan les, apalagi mendekati hari H pelaksanaan UNBK,” ujar Yusuf Effendi kepada wartawan, di sela-sela menonton pertunjukan seni bela diri kuntau di Taman Budaya Kalimantan Selatan, Sabtu (25/2/2017) malam.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan HSS ini mengungkapkan beberapa sekolah sudah melakukan tryout dan simulasi untuk pelaksanaan UNBK. “Kendala yang ada di sekolah adalah keterbatasan jumlah komputer yang digunakan. Terlebih lagi, siswa yang menggunakan cukup banyak,” tutur Yusuf.

Ia menyebut ada 123 sekolah yang akan mengikuti ujian nasional, dan 50 persen melaksanakan UNBK di Kalimantan Selatan. “Jadi perlu simulasi untuk memberikan pelatihan kepada siswa tentang sistem dan tata cara pelaksanaan UNBK, sehingga nantinya siswa mengerti teknis pelaksanaan ujian ini,” ucapnya.

Yusuf mengaku saat simulasi setiap siswa diberikan kode token tersendiri, sehingga antara satu siswa dengan siswa yang lain memiliki password dan token yang berbeda. Kemudian, beber dia, siswa juga bebas memilih satu mata pelajaran yang akan diisi sesuai yang jurusan masing-masing.

“Ada siswa, misalnya dia pilih fisika, maka dia akan diberikan soal fisika, tergantung apa yang diambil si anak dan waktu yang diberikan 120 menit,” ujar saudara kandung guru besar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr HM Hadin Muhjad ini.(jejakrekam)

Penulis : Afdi NR

Foto    : SMKN 5 Banjarmasin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.