ACT

Tahun Ini, ULM Targetkan Transformasi PK-BLU Rampung

0 18

UNIVERSITAS Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin mempersiapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU), yang sebelumnya berstatus PTN Satuan Kerja (PTN-Satker). Direncanakan, tahun ini ULM bakal bertransformasi menjadi PK-BLU.

DEMIKIAN diungkapkan Wakil Rektor II ULM Dr Achman Syamsu Hidayat saat ditemui jejakrekam.com, di ruang kerjanya, Selasa (11/2/2020).

Syamsu menjelaskan, hingga saat ini pihaknya sedang melengkapi dokumen pendukung, sebelum mengajukan ke pemerintah pusat. “Kita usahakan tahun ini sudah masuk usulannya (PK-BLU),” katanya.

Doktor jebolan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang, ini berpendapat, bertransformasi menjadi PK-BLU, ULM mendapatkan keluwesan dalam mengelola keuangan, sebab penerimaan langsung masuk ke rekening universitas.

Syamsu menyebut, menjadi PK-BLU, maka ULM lebih leluasa mengalokasikan dan merencanakan program perguruan tinggi.

BACA : ULM Target Terus Cetak Guru Besar

Namun, lanjut Syamsu, berstatus PK-BLU ada konsekuensi tersendiri yang harus diterima ULM. “Dari sisi pemeriksaan dan audit, harus ada dua, eksternal dan internal. Selain itu, sistem pertanggungjawaban lebih komplet dan rumit,” ujarnya.

Anggota Indonesian Marine and Fisheries Socio-Economics Research Network (IMFISERN) ini optimis, ULM akan merencanakan dan melaksanakan PK-BLU dengan baik, sehingga status BLU akan berdampak baik bagi civitas akademika ULM.

“Yang perlu kita tingkatkan sekarang adalah mempersiapkan penerimaan dari non pendidikan, sehingga nantinya ULM tidak bergantung kepada penerimaan dari pembayaran UKT mahasiswa,” tegasnya.

Dia menjabarkan, ke depan ULM akan membuka sejumlah lini usaha seperti SPBU, rumah sakit, hingga laboratorium, sehingga sumber pendanaan untuk membiayai operasional institusi tidak bergantung 100 persen dari UKT mahasiswa. “Terdekat kita akan memanfaatkan sarana, sewa gedung, baru ekspansi bisnis ke yang lain,” pungkas Syamsu.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.