ACT

Tangani Pasien Rujukan Provinsi Tetangga, RSPP Diusulkan Berdiri di Banjarbaru

0 81

USULAN pembangunan rumah sakit pemerintah pusat (RSPP) di Banjarbaru, telah gayung bersambut. Komisi IV DPRD Kalimantan Selatan bersama Komisi IX DPR RI sudah satu kata agar di Kalsel ditambah lagi rumah sakit berstatus nasional.

SAAT ini, Pemprov Kalimantan Selatan baru memiliki tiga rumah sakit yakni RSUD Ulin dan RSUD Ansari Saleh di Banjarmasin, serta RSJD Sambang Lihum di Gambut, Kabupaten Banjar.

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel HM Lutfi Saifuddin mengungkapkan saat ini layanan di dua rumah sakit umum belum memadai untuk menangani pasien rujukan dari provinsi tetangga, terutama Kalimantan Tengah.

“Makanya, kami membahas wacana pembangunan RSPP bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalsel. Kami minta agar Dinkes segera menyusun kajian dan telaahan terkait rencana itu,” ucap Lutfi Saifuddin kepada awak media di Banjarmasin, belum lama tadi.

BACA : Dinkes-DPRD dan BPRS Awasi Ketat Pelayanan Rumah Sakit di Kalsel

Ia menegaskan DPRD Kalsel mengusulkan agar pembangunan RSPP ini tidak berada di Banjarmasin, karena sudah terlalu padat. Lokasinya yang diusulkan berada di Banjarbaru, terutama di kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel, tepatnya di ruas Jalan Trikota, Cempaka.

“Saat kami audensi dengan Komisi IX DPR RI di Jakarta juga menyetujui dibangunnya RSPP di Kalsel. Makanya, mereka meminta dibuat kajian mendalam serta berkoordinasi dengan pihak terkait, khususnya Kementerian Kesehatan,” tutur Lutfi.

Politisi Gerindra ini mengungkapkan dengan adanya RSPP di Banjarbaru, maka pasien rujukan bisa ditanggung pemerintah pusat melalui APBN. Menurut Lutfi, masyarakat juga tidak meminta rujukan untuk ke pusat atau di luar Kalsel, tetapi cukup di daerah setempat.

BACA JUGA : Memastikan Mutu Layanan Rumah Sakit, Komisi IV DPRD Kalsel Maksimalkan Sidak

“Keberadaan RSPP juga berdampak pada penambahan sumber daya manusia (SDM), tentunya bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Kalsel sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),” ucap Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel ini.

Meski baru sebatas wacana, Kepala Dinkes Provinsi Kalsel Muslim mengatakan pihaknya sangat mendukung pendirian RSPP di Banjarbaru.
“Kami akan segera membuat konsep detailnya, sekaligus berkoordinasi dengan pihak terkait agar usulan ini disetujui pemerintah pusat,” kata Muslim.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.