ACT

Bank Kalsel Bakal Adopsi Layanan Digital untuk UMKM dari Bank Jatim

0 39

DIGITALISASI dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah dilakukan Bank Jatim melalui aplikasi digital dengan basis big data. Bank Jatim semakin memantapkan langkah transformasi menjadi perbankan digital, termasuk diantaranya adalah dalam layanan bagi para pelaku UMKM yang disajikan dalam Program Klaster.

KISAH sukses Program Klaster Bank Jatim ini di paparkan  M Machfud Hidayat, Pimpinan Sub Devisi Pengembangan IT Bank Jatim yang di dampingi Teguh Sunyato Pimpinan Sub Divisi Manajemen Kinerja Devisi Perencanaan Strategis dan Manajemen Kerja Bank Jatim saat menerima Media Ghatering Bank Kalsel yang dipimpin Kepala Kelompok Sekretaris Perusahaan Bank Kalsel,Hadi Rahman, Kamis (21/11/2019) di Bank Jatim Surabaya.

Machfud menjelaskan, langkah nyata yang Bank Jatim  lakukan dalam digitalisasi layanan bagi UMKM dilakukan dalam bentuk pengembangan teknologi informasi pendukung diantaranya digital loan processing. “Layanan ini adalah berupa pengembangan aplikasi digital loan untuk memproses kredit secara massif,” paprnya.

BACA: Kredit Macet Bank Kalsel Turun, DPRD Tetap Panggil Jajaran Direksi

Sejak diluncurkan pada Juli 2019, Bank Jatim sangat siap dan optimis menyambut era kemajuan teknologi dengan melakukan tranformasi transaksi perbankan dan penyaluran kredit dari yang berbasis konvensional menjadi berbasis teknologi digital.

Bahkan diakui Machfud ada beberapa program yang telah direaliasikan Bank Jatim  dalam pengelolaan keuangan dan penyaluran kredit untuk pelaku UMKM. Mengenai penyaluran kredit, ia mengakui telah menyediakan E-Form Bank Jatim, Cas (Credit Application System) Mikro, dan E-Loan Application System.

Sedangkan, program yang telah dilakukan dalam pengelolaan dana pelaku UMKM yakni lahirnya Jatim Code, EDC, Virtual Account. Selanjutnya terdapat E-Channel Bank Jatim (SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking), dan Scan QR Code.

“Terbukti sampai saat ini  pengembangan layanan digital dari 7500 UKM nasabah Bank Jatim sudah 500 pengajuan pinjaman 5-6 hari sudah cair baik yang menggunakan wibsite dan mobile APPS,” ujarnya.

Sementara itu. Kepala Kelompok Sekretaris Perusahaan Bank Kalsel , Hadi Rahman mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi sambutan hangat dari Bank Jatim. “Kita sudah mendapat pelajaran berharga yang nantinya dapat kita adopsi ke Bank  Kalsel dalam Pengembangan layanan digital pendukung pertumbuhan kredit,” ujarnya.

Hadi menambahkan, Bank Jatim ini merupakan Bank Daerah papan atas , sehingga ini kunjungan mendia gathering dengan mengikutsertakan insan pers ini sangat tepat sekali.  “Bagaimana mereka  mengadopsi  tehnologi yang  ssngat cepat berkembang ini dilayanan mereka, jadi itu yang perlu kita pelajari, semoga Bank Kalsel juga akan menuju kesana,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.