ACT

Kuliah ke Luar Negeri, Kenapa Tidak?

0 61

KULIAH dan tinggal di luar negeri adalah harapan banyak orang. Sebagai orang tua seringkali kita ingin menyekolahkan anak kita tercinta di institusi terbaik dan negara-negara dengan sekolah tinggi terbaik biasanya ada di negara lain. Menguliahkan anak-anak ke negara orang juga adalah sebuah gengsi yang luar biasa, bisa dikatakan pencapaian yang tinggi bagi orang tua. Kuliah di luar negeri pun bisa melatih anak kita untuk bisa berbahasa asing, ini akan menjadi nilai lebih bagi anak-anak bila ingin bekerja ketika lulus nanti. Universitas seperti di Eropa atau Amerika juga menawarkan jurusan-jurusan menarik yang bisa merangsang sisi intelektual anak.

Hal penting lainnya bila anak kita bisa kuliah di luar negeri adalah kita bisa mengajarkan mereka artinya kemandirian. Kuliah di luar negeri juga mampu memupuk sikap jujur dan bertanggung jawab. Bukan tidak mungkin ketika kembali dari negara tempat mereka menuntut ilmu, mereka akan pulang sebagai pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Sikap-sikap seperti keberanian untuk tinggal di negeri asing sangat dibutuhkan untuk dunia profesional selepas mereka lulus.

Namun kita mungkin masih bingung kira-kira negara apa yang saat ini banyak didatangi pelajar Indonesia. Negara yang tentunya terbaik dari berbagai negara di dunia. Untuk membantu anda mengurai semua kegelisahan itu berikut adalah negara-negara yang populer bagi mahasiswa Indonesia menuntut ilmu.

United States Of America (USA)

Sudah barang tentu Amerika Serikat berada di peringkat pertama dalam urutan negara paling diminati mahasiswa Indonesia. Hampir semua institusi di sana adalah universitas terbaik di dunia. Bahkan untuk kampus-kampus tidak dikenal di negara kita dapat menyediakan pendidikan terbaik. Bila anak anda sangat berbakat universitas-universitas bertitel ivy league menanti mereka di sana, Harvard,n Stanford,Columbia adalah institusi terpercaya yang ratusan tahun telah memberikan pendidikan terbaik kepada mahasiswanya.

Amerika juga terkenal dengan silicon valley dan pusat industri-industri lainnya, ini sangat bagus bagi anak anda yang ingin magang setelah atau saat kuliah nantinya.

United Kingdom

Inggris atau Britania Raya bisa dikatakan adalah negara kedua yang disukai. Selain Oxford ada puluhan universitas bonafit lain yang tidak kalah keren di sana. Secara jumlah sekitar 493 ribu mahasiswa dari ratusan negara di seluruh dunia yang sedang mengejar impiannya di kota-kota seperti London atau Manchester. UK juga terkenal dengan pendidikan yang lekat pada kebudayaan seperti fashion, seni rupa bahkan filsafat. Kapan lagi anak anda bisa berkuliah di negara pusat bahasa inggris berasal, bahasa yang saat ini menjadi bahasa dunia dan dipakai jutaan manusia di bumi ini. 

Canada

Negara Kanada sekarang ini terkenal sebagai negara dengan akulturasi terbaik. Bukan hanya itu Kanada juga termasuk negara yang sangat terbuka dengan imigran yang akan mengadu nasib di sana. Point ini bisa menjadi kelebihan di mana anda akan merasa aman bila anak-anak anda bisa berkuliah di negara dengan penghormatan atas perbedaan yang sangat kuat. Harus diingat di negara-negara barat rasisme sangatlah kuat, maka bila tingkat rasisme terutama pada pendatang asia menurun tingkat keamanan juga makin baik.

Selain itu kualitas pendidikannya tidak bisa diremehkan. Terutama untuk bidang politeknik universitas-universitas di sana memiliki kualitas no 1. Pemikat paling kuat bagi Kanada adalah adanya izin bekerja penuh waktu selama satu tahun di sana. Bagaimana cukup menarik bukan?

Australia

Negara dengan sistem pendidikan barat terdekat dari negara kita ini sudah lama menjadi incaran bagi mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri. Setiap tahunnya banyak sekali mahasiswa yang bermigrasi dan kuliah di sana. Negeri kangguru adalah negara dengan jarak yang cukup dekat jadi tidak perlu takut untuk melepas anak-anak di sana, anda bisa menengok mereka setiap tahun atau setiap bulan bila perlu.

Melbourne dan Sydney adalah dua kota yang paling banyak didatangi. Australia menawarkan pendidikan terbaik di kampus-kampus mereka seperti University of Sydney atau Monash University. Selain itu Australian juga memberikan anda pengalaman negara empat musim terdekat dari nusantara.

Singapore

Jangan  remehkan the power of negara asia. Walau menjadi satu-satunya negara asia di list ini namun bukan berarti tidak bisa mengalahkan negara-negara barat di atas. Selain memiliki universitas  terbaik di benua ini, letak negara mereka yang berdekatan menjadi kelebihan tersendiri. Anda bisa dengan mudah berpindah ke sana tanpa visa bahkan hanya beberapa jam melalui laut lewat Pulau Batam, luar biasa bukan? Bila anak anda ingin belajar kedisiplinan tanpa harus pergi ke Eropa, atau ingin tetap memakan makanan asia terutama Indonesia tanpa harus pergi jauh-jauh, Singapura adalah destinasi kuliah terbaik.

Negara-negara tersebut adalah sedikit dari banyaknya tempat kuliah di luar negara kita yang memiliki kampus-kampus terbaik. Mulailah riset anda untuk mengenali tempat terbaik untuk anak anda berkuliah. Jangan lupa siapkan mereka asuransi yang tepat. Lengkapi mereka dengan  asuransi perjalanan, kesehatan, jiwa dan banyak lagi. Ini dikarenakan tentunya kita mau anak-anak diproteksi sebaik mungkin saat berjauhan dengan orang tuanya.

Sudah banyak perusahaan yang menawarkan asuransi untuk berpergian dan tinggal jauh, tinggal kita saja memilihnya dengan bijak.(jejakrekam)

Penulis Rilis
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.