Jawab Teknologi Terkini, Ratusan Dokter Radiologi Bertemu di Banjarmasin

PERHIMPUNAN Dokter Spesialis Radiologi Indonesia (PDSRI) menggelar kegiatan rutin pertemuan ilmiah tahunan ke-14 bertemakan Radiology: Facing the New Era di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (20/9/2019). Ada ratusan dokter dari berbagai daerah menggodok teknologi kekinian di dunia radiologi.

“DENGAN tema ini akan diwujudkan dalam berbagai seminar dan workshop dengan topik terhangat dan terkini. Ini seiring dengan kemajuan teknologi imejing radiolog,” ucap pengurus PDSRI Cabang Kalselteng dr Mashuri  Sp.Rad(K), M.Kes kepada awak media di Banjarmasin.

Menurut dia, pada prinsipnya para dokter radiologi perlu memperbarui atau mengupdate kemampuan dalam memanfaatkan teknologi terbaru dalam dunia medis.

BACA : Hadirkan Ahli, 105 Radiographer Ditatar Teknologi Radiologi Kekinian

Mashuri mengatakan temu ilmiah ini bisa menjadi wahana diskusi dan sharing ilmu, pengetahuan dan keterampilan di bidang radiologi. Sekadar diketahui, radiologi merupakan cabang ilmu kedokteran untuk melihat bagian rama tubuh manusia menggunakan pancaran atau radiasi gelombang, baik gelombang elektromagnetik maupun mekanik.

Pada dasarnya, pemeriksaan radiologi merupakan kunci penting untuk mendiagnosa suatu penyakit agar pengobatan dapat berjalan dengan maksimal.  Dalam temu ilmiah di Banjarmasin  juga dipamerkan teknologi terkini dalam pemeriksaan radiologi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Selatan Abdul Haris Makkie menyambut baik kegiatan temu ilmu para dokter radiologi di Banjarmasin. Menurut dia, keberadaan dokter radiologi memiliki peran penting dalam meningkatkan derajat kualitas kesehatan masyarakat melalui profesinya.

BACA JUGA : Dua Tahun Radioterapi Kanker RSUD Ulin Tak Berfungsi

“Kami berharap dengan pertemuan ini, kita dapat solusi-solusi yang baik dan dapat diadopsi. Dengan itu, kita laksanakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” terang Haris Makkie.

Dia berharap dalam temu ilmiah tahunan ini dapat mendorong pembangunan kesehatan secara umum dan secara khusus bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Menurut Haris Makkie, derajat kesehatan masyarakat yang baik akan berkorelasi penuh dengan meningkatnya ketahanan dan kualitas kehidupan bangsa Indonesia ke depan. (jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi GS