ACT

Bertabur Fasilitas, Usai Dilantik Anggota DPRD Banjarmasin Dapat Duit Rp 9 Juta

0 464

GEDUNG DPRD Banjarmasin di Jalan Lambung Mangkurat berhias diri. Ruang rapat paripurna yang akan menjadi wahana pelantikan 45 anggota DPRD Banjarmasin periode 2019-2024 didandani. Kaca-kaca diganti dan beberapa perbaikan di sana-sini.

TAK hanya itu, tenda raksasa pun dipasang di halaman samping Gedung DPRD Banjarmasin. Berbagai persiapan dilakukan pihak Sekretariat DPRD menyambut pergantian wakil rakyat.

Fasilitas yang diterima 45 anggota DPRD Banjarmasin cukup beragam. Dari pin berbahan kuning dilapisi emas seharga Rp 300 ribu per biji. Kemudian, setelan jas lengkap Rp 2,5 juta, pakaian sipil resmi seharga Rp 1,25 juta, baju adat Banjar Rp 3 juta dan pakaian batik sasirangan Rp 500 ribu akan diterima masing-masing 45 anggota DPRD Banjarmasin.

BACA : Tinggal Menunggu SK Gubernur, Ini Daftar 45 Anggota DPRD Banjarmasin

Tak cukup hanya itu, mobil operasional gress menggantikan bus operasional lama telah menanti. Bus Toyota Ace dengan kapasitas 11 tempat duduk per unitnya seharga Rp 600 juta disiapkan bagi empat komisi DPRD Banjarmasin yang baru.

Tak cukup itu, Sekretaris DPRD Banjarmasin, Esya Zain  menuturkan secara total gaji dan tunjangan anggota DPRD Kota Banjarmasin sebesar lebih dari Rp 30 juta per bulan, sementara ketua dan wakil ketua DPRD Kota Banjarmasin mendapatkan fasilitas mobil dinas.

Menruut dia, asilitas tambahan yang akan dimiliki anggota DPRD yang baru bisa didapatkan apabila dibahas dalam APBD tahun 2020.

“Nanti setiap anggota DPRD Kota Banjarmasin terpilih periode 2014-2019 akan mendapatkan jasa pengabdian selama lima tahun sebesar Rp 9 juta per orang baik yang terpilih kembali maupun tidak di Pemilu 2019l lalu,” kata Esya Zain kepada jejakrekam.com , Rabu (4/9/2019).

BACA JUGA : Bergaji Rp 30 Juta Sebulan, Wajar Jika Banyak Mengincar Kursi Dewan

Mantan Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin ini mengungkapkan sebelum masa jabatan anggota DPRD Banjarmasin periode 2014-2019 berakhir, para legislator lawas wajib mengembalikan fasilitas berupa mobil dinas dan iPad.

“Kami sudah mengeluarkan surat imbauan terkait pengembalian aset atau fasilitas yang dipinjamkan kepada seluruh angota dan pimpin dewan malalui fraksi masing-masing. Sebagian besar sudah mengembalikan, kami meminta kembali dalam keadaan sempurna,” papar Esya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.