Cinta Mendalam untuk Syekh Samman, Lautan Manusia di Masjid Sabilal Muhtadin

LAUTAN manusia memenuhi ruang induk dan halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Kamis (22/8/2019) malam. Para jamaah yang memutih untuk membuktikan kecintaan yang mendalam kepada ulama besar asal Madinah, Syekh Muhammad bin Abdul Karim As-Samani Al-Qadiri Al-Hasani.

DEMI memenuhi membludaknya jamaah, Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin pun memasang layar lebar di beberapa sudut masjid terbesar di Kalimantan Selatan, agar bisa menyaksikan langsung prosesi haul akbar yang dipimpin ulama kharismatik Banjarmasin, KH Ahmad Zuhdianoor atau Guru Zuhdi.

Pengaruh Syekh Samman dalam kehidupan masyarakat muslim di Kalimantan Selatan sangat kental. Ini karena, waliyullah yang merupakan zuriat Rasulullah SAW dari jalur Syaidina Hasan ini merupakan guru Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary atau Datu Kalampayan, ulama besar Tanah Banjar.

BACA : Haul Akbar Syekh Samman di Masjid Raya Bakal Dihadiri 40 Ribu Jamaah

Syekh Muhammad Samman juga merupakan pencetus tarikat Sammaniyah yang membumi di Kalimantan Selatan dan sekitarnya. Tak mengherankan, jika hari wafatnya ulama yang menghimpun semua ilmu agama Islam ini selalu dikenang para pencintanya.

“Sejak sore, jamaah dari berbagai kota datang ke Masjid Raya. Tak hanya dari Banjarmasin, jamaah juga berdatangan dari Kapuas, Pulang Pisau, Palangka Raya dan kota lainnya di Kalteng, serta kota-kota lainnya di Kalimantan Timur,” ucap Subhan, sekuriti Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin kepada jejakrekam.com, Kamis (22/8/2019).

BACA LAGI : Tanda Cinta kepada Sang Wali, Jamaah Haul Syekh Saman Padati Ruas Jalan

Saking membludaknya, ruas jalan di seputaran Masjid Raya Sabilal Muhtadin pun dipenuhi parkir kendaraan roda empat dan dua. Bahkan, teras masjid dan wadah berwudhu, sejak sore hingga menjelang shalat Maghrib dipenuhi jamaah.

Prosesi peringatan hari wafatnya Syekh Samman yang selalu digelar di bulan Zulhijjah dalam kalender Islam ini, diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, syair Maulid Habsyi, hingga puncaknya pembacaan manaqib oleh Guru Zuhdi, dan ditutup dengan menguntai doa haul jamak.

BACA JUGA : Kota Citra Graha Memutih, Ribuan Jamaah Hadiri Haul Syekh Samman Al Madani

Guru Zuhdi mengungkapkan Syekh Samman merupakan ulama besar ahli syariah, tariqah dan hakikat dan merupakan habib zuriat Rasulullah SAW. “Syekh Saman merupakan wali Allah yang mashyur. Semoga yang kita hadir di sini dimurahkan rezeki dan dipanjangkan umur berkat mengingat waliyullah,” ucap Guru Zuhdi

Menurutnya, ketika mencintai wali Allah, maka rahmat akan selalu dicurahkan kepada kita. “Semoga kita bisa bersama dalam surga Allah dengan Rasulullah,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Did G Sanusi