Dirgahayu

Akhiri Paceklik, Gol Semata Wayang Angkat Asa Barito Putera

DIRUNDUNG empat kali kekalahan di laga awal Liga 1 Indonesia 2019, akhirnya Barito Putera berhasil mengakhiri masa paceklik. Ini setelah, Laskar Antasari mampu membungkam tim tamu, Bali United walau dengan skor tipis 1-0 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Minggu (14/7/2019) malam.

GOL semata wayang yang disuguhkan strikter asal Brazil, Rafael Feital Da Silva, membuah suasana stadion kebanggaan warga Martapura itu bergemuruh. Gol ini buah dari serangan intensif yang diawaki Evan Dimas dan Rafael, dari lini tengah hingga menusuk ke garis pertahanan Bali United.

Pecah. Gol kemenangan Barito Putera di Stadion Demang Lehman ini memecah raihan sempurna Bali United yang selama laga Liga 1 berlangsung, nyaris tak terkalahkan.

BACA : Jacksen Mundur, Yunan Isi Posisi Pelatih Kepala Barito Putera

Sebenarnya, tim setangguh Bali United pun tak ingin kehilangan momentum dengan meraih tiga poin di kandang lawannya. Terbukti, garda pertahanan anak asuh Yunan Helmi, sempat kewalahan diserang penyerang Bali United, melalui langkah agresif Stefano Lilipaly dan Melvin Platje. Untungnya, Adhitya Harlan, sang kiper Barito Putera mampu membendung kans bagi Bali United untuk mencuri poin.

Hingga babak pertama, gol dari kedua kesebelasan tak tercipta. Alhasil, gol pembeda yang ditunggu para supporter Barito Mania, akhirnya tercipta pada babak kedua.

Skenario umpan bola mati dari Rizki Rizaldi Pora sukses disambar Rafael Silva dengan sundulan. Tak bisa dihalau Wawan Hendrawan, penjaga gawang Bali United, hingga papan skor berubah 1-0 untuk kemenangan Barito Putera.

Ketinggalan satu gol, Bali United berusaha membalas untuk menyamakan kedudukan. Serangan yang sempat terjaring ke gawang Barito pun dilancarkan Willian Pacheco. Namun, sayang, gol dianulir wasit, karena Pacheco lebih dulu membuat Adhitya terjatuh di kotak penalti. Pelanggaran ini membuat gol balasan Bali United tak sah.

BACA JUGA : Berada di Titik Terendah, Jacksen Sebut Yunan Layak Latih Barito Putera

Serdadu Tridatu pun bermain terus menekan lini pertahanan Barito Putera. Namun, petaka datang pada menit-menit terakhir, ketika Pacheno justru diganjar kartu merah oleh sang pengadil.

Inilah Susunan Pemain dalam Laga Barito-Bali United

Barito Putera : Adhitya Harlan; Nazar Nurzaidin, Doni Monim, Dandi Maulana, Roni Beroperay; Evan Dimas, Lucas Silva, Paulo Sitanggang; Samsul Arif, Rafael Silva, Rizki Pora.

Bali United: Wawan Hendrawan; Andhika Wijaya, Willian Pacheco, Haudi Abdillah, Ricky Fajrin; Fadil Sausu, Brwa Nouri, Paulo Sergio; Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic, Melvin Platje.(jejakrekam)

Penulis Balsyi/Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi