10-24 Juni Pendaftaran SBMPTN Tahun 2019

PENDAFTARAN Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 dimulai 10 Juni 2019 dan berakhir pada 24 Juni 2019. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

WAKIL Rektor I Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Dr Aminuddin Pratama Putera mengimbau calon pendaftar agar teliti dan mencermati ketentuan dan persyaratan, serta tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 yang dapat dilihat pada laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id.

“Untuk pendaftaran SBMPTN pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT),” urai doktor jebolan Universitas Negeri Surabaya ini kepada jejakrekam.com, Senin (10/6/2019).

Aminuddin menyebut, berdasarkan Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 60 Tahun 2018, kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN dan SBMPTN ditetapkan setidaknya 70 persen dari total daya tampung program studi di perguruan tinggi negeri, selebihnya 30 persen kouta mahasiswa baru diterima melalui jalur mandiri.

“Untuk alokasi mahasiswa baru ULM tidak jauh berbeda dari tahun lalu, berkisaran 6.000 mahasiswa baru. Berdasarkan pengalaman biasanya calon mahasiswa baru ULM yang dinyatakan lulus tidak seluruhnya mendaftar ulang dengan berbagai alasan,” bebernya.

Persyaratan calon peserta SBMPTN 2019 memiliki Nilai Ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portfolio, dan bagi calon leserta yang lulus jalur SNMPTN 2019 tidak diperkenankan untuk mendaftar.

Pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id dan mengisi biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019), memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN

Mengunggah fortfolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portfolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id. Serta, mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani