Dirgahayu

Ditarget 3 Mei Harus Rampung, Rekap Suara Baru Selesaikan Satu Kelurahan

PROSES rekapitulasi perolehan suara hasil pungut dan hitung dari tempat pemungutan suara (TPS) di tingkat kecamatan, rata-rata baru menyelesaikan satu kelurahan. Sesuai jadwal hitung dan rekap, durasi waktu yang diberikan untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 18 April hingga 4 Mei 2019.

UNTUK di Kecamatan Banjarmasin Utara, baru menyelesaikan rekapitulasi satu kelurahan yakni Kelurahan Kuin Utara. Ini mengingat, harus ada lima kotak suara dari seluruh TPS yang ada dihitung satu per satu secara teliti. Saat ini, proses penghitungan dan rekapitulasi masih berjalan untuk Kelurahan Antasan Kecil Timur.

“Usai Kelurahan Antasan Kecil Timur, akan dilanjutkan untuk Kelurahan Alalak Selatan. Bayangkan saja, untuk proses penghitungan dan rekapitulasi yang ditangani PPK Banjarmasin Utara itu sebanyak 1.975 kotak suara dari 395 TPS yang ada,” ucap Ketua PPK Banjarmasin Utara Iberahim kepada jejakrekam.com, Senin (22/4/2019).

BACA : Walikota Banjarmasin Pantau Proses Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019

Ia mengakui butuh kondisi prima serta ketelitian, karena jalannya rapat pleno rekapitulasi suara yang dihadiri PPS, saksi parpol atau tim pemenangan capres-cawapres dilakukan secara maraton, sejak pagi, berlanjut siang hingga sore dan malam hari.

“Jadi, satu per satu kotak suara berisi surat suara serta dokumen lainnya dari TPS tiap kelurahan itu diteliti secara saksama. Tentunya, butuh energi dan konsentrasi penuh. Kami tak ingin dituding melakukan kecurangan, karena kami bekerja penuh tanggungjawab,” tegas Iberahim.

BACA JUGA : Tanah Bumbu Turut Dikuasai, BPP Prabowo-Sandi Kalsel Klaim Kemenangan

Dengan ribuan kotak suara yang harus dihitung dan direkap untuk dibawa nantinya dalam rapat pleno rekapitulasi berjenjang ke tingkat Kota Banjarmasin. “KPU Banjarmasin sendiri menarget hingga 3 Mei nanti semua harus selesai. Ya, kami berusaha sekuat mungkin, karena tentu butuh kerja ekstra. Rencananya, KPU Banjarmasin akan menggelar rekapitulasi tingkat kota pada 4 Mei nanti,” ucapnya.

Untuk menyiasati agar bisa tercover, dalam lima anggota PKK Banjarmasin dibagi dalam dua kelompok. Namun, semua tetap di bawah koordinasi Ketua PPK Banjarmasin Utara.

“Dari semua kelurahan yang ada di Banjarmasin Utara, terbanyak memiliki TPS adalah Kelurahan Sungai Andai. Ya, ada lima kotak yang diperiksa berisi surat suara dan lainnya, dihitung satu per satu mulai hasil pemungutan dan penghitungan suara pilpres, DPD RI, DPR RI dapil Kalsel 2, DPRD provinsi dan terakhir DPRD Kota Banjarmasin untuk dapil Banjarmasin Utara,” papar Iberahim.

BACA LAGI : Penghitungan Suara TPS Rampung, PPK Banjarmasin Siapkan Rapat Pleno

Ia pun mengingatkan agar para saksi yang hadir dalam rapat penghitungan dan rekapitulasi harus dibekali bukti ada untuk disinkronkan, sehingga jika ada permasalahan tentu cepat diselesaikan.

“Yang pasti, kami tetap transparan. Makanya, ketika ada masalah, maka petugas KPPS akan dipanggil datang. Untungnya, saat ini, belum ada kendala berarti,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi GS