Dirgahayu

Kurang Surat Suara, Pemilih di Desa Cindai Alus Protes KPPS

BEBERAPA tempat Pemungutan Suara di Desa Cindai Alus, Kecamatan Martapura kekurangan surat suara untuk pilpres 2019. Akibatnya, sejumlah warga melakukan protes terhadap KPPS.

KARUT marutnya pemilu serentak 2019 terjadi dimana-mana. Di Luar Negeri sempat terjadi protes dari WNI yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya. Di Tanah Air juga terjadi akibat banyak warga negara yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya, seperti yang terjadi di Lapas Lapas.

Kekurangan surat suara juga menjadi protes masyarakat terjadi dibanyak tempat. Misalnya, kekurangan surat suara pilpres di beberapa TPS di Desa Cindai Alus, Martapura.

BACA: Kurang Surat Suara, Terancam Ratusan Penghuni Lapas Teluk Dalam Tak Bisa Mencoblos

Panwas Desa Cindai Alus Jahidin membenarkan, adanya kekurangan surat suara untuk pilpres. Hal itu jelasnya menimbulkan protes dari warga yang akan mencoblos. “Iya ada beberapa TPS di Cindai Alus yang kekurangan surat suara. Keadaan ini sudah saya laporkan ke Bawaslu Banjar,” jelasnya.

Terpisah, Komisioner KPU Banjar Muhammad Zain membenarkan adanya kekurangan surat suara pilpres itu. Guna mengantisipasi hal itu pihaknya akan mengambil sisa surat suara dari TPS lain. “Sudah dicari jalan dengan mengambil surat suara yang lebih dari TPS sekitarnya dengan berita acara kejadian khusus,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Fahriza