Empat Cawabup HST Dicecar PKS Soal Komitmen Jaga Meratus

EMPAT pelamar calon Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) sisa masa jabatan 2016-2021 mengikuti audensi yang dilakukan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Audensi berlangsung di kediaman Ketua Bidang Humas dan Keamanan DPD PKS HST, H Achmad Gazali, Komplek Perumahan Cahaya Muhibbin, Jalan Antasari, Barabai, Kamis (4/4/2019).

MEREKA pun bergiliran untuk dicecar tim audensi yang langsung dipimpin Supriadi selaku Ketua DPD PKS HST, didampingi sekretaris, Haslian Syahruni dan bendahara partai, Wahyudinor.

Diawali Akhmad Rozanie Himawan Nugraha, anggota DPRD Banjar asal Nasdem, berjeda sebentar giliran Staf Ahli Gubernur Kalsel Achmad Sofiani. Dilanjutkan, Sekretaris PWNU Kalsel yang juga politisi PDI Perjuangan, Berry Nahdian Furqan dan ditutup Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kotabaru, H Zainal Arifin.

BACA : Kamis Depan, Empat Calon Wakil Bupati Diuji Pimpinan PKS HST

Berry Nahdian Furqan  usai mengikuti audensi mengakui tim PKS HST menanyakan komitmen dirinya jika nanti diusung sebagai calon wakil bupati.

“Khususnya terkait penyelamatan Pegunungan Meratus dari ancaman pertambangan dan perkebunan sawit. Saat ini, Pemkab HST telah berkomitmen untuk menjaga Pegunungan Meratus. Ya, saya jawab dengan apa lakukan selama ini,” ucap mantan Direktur Eksekutif Nasional Walhi ini kepada jejakrekam.com, Kamis (4/4/2019).

Berry pun mengaku juga memaparkan program dan isu-isu strategis dalam membangun HST, jika nantinya diusung dan terpilih menjadi pendamping Bupati HA Chairansyah.

“Tentu saya akan memenuhi semua visi-misi sebagai calon wakil bupati, sejalan dengan kebijakan yang diambil Bupati HST HA Chairansyah,” kata calon legislatif anggota DPR RI dapil Kalsel 1 ini.

BACA JUGA: Gerindra Pastikan Tak Ada Nama Berry, PKS Jaring Empat Cawabup HST

Begitupula, Achmad Sofiani menegaskan dirinya siap untuk mengabdikan diri di Pemkab HST, dan mengemban tugas jika nantinya diusulkan dan terpilih sebagai wakil bupati.

“Kalau saya nanti jadi Wakil Bupati HST, semua visi-misi yang sudah saya rancang akan disinergikan dengan kepala daerah yang ada. Yang pasti, saat audensi tadi, saya paparkan semua visi-misi sebagai calon wakil bupati,” ucap mantan Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalsel ini.

Sementara itu, Ketua Dewan Syariah DPD PKS HST Faqih Jarjani mengakui keempat figur yang melamar ke parpolnya datang tepat waktu dan sesuai jadwal hadir untuk mengikuti audensi.

“Semua berlangsung lancar dan penuh kekeluargaan. Kami hanya ingin mendengarkan komitmen keempat calon ini agar nantinya jadi pertimbangan PKS untuk mengusulkan ke Bupati HA Chairansyah dan DPRD HST,” ucap mantan Wakil Bupati HST ini.

BACA LAGI : PBB Tetapkan Politisi PDIP Berry Nahdian Furqan Cawabup HST

Faqih menegaskan semua hasil audensi ini akan dibawa dalam rapat internal PKS, sehingga bisa dinilai plus dan minusnya dari keempat kandidat itu. Apalagi, PKS juga menyerap aspirasi masyarakat HST yang menginginkan agar Pegunungan Meratus tetap terjaga, bebas dari aktivitas tambang dan perkebunan sawit turut menjadi bahan pertanyaan yang dilontarkan keempat kandidat tersebut.

“Yang pasti, sehari sebelum disampaikan ke Bupati HST, sudah ada nama yang diusulkan PKS untuk calon wakil bupati,” tandasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi GS