Karya Bakti TNI, Metode Membantu Percepatan Pembangunan Wilayah  

KEGIATAN karya bakti merupakan wujud cinta TNI kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kegiatan ini merupakan skala besar TNI AD dimana merupakan program terpadu lintas sektoral yang dilaksanakan secara rutin di wilayah-wilayah terpilih.

PROSES perencanaan Karya Bakti skala besar diprogramkan secara bottom up planning untuk daerah tertinggal, terpencil, perbatasan, pulau-pulau kecil terdepan, perkotaan yang belum tersentuh oleh pembangunan yang kumuh, atau daerah lain yang terkena bencana.

Paban V Bakti TNI Mabes AD Kol Inf Putra Jaya kepada jejakrekam.com  mengatakan, selama ini sasaran penting dan strategis pada program bakti TNI itu  meliputi bidang fisik berupa sarana dan prasarana jalan dan jembatan. Sedangkan sasaran non fisik, kata dia berupa penyuluhan, ceramah dan olahraga bersama yang dikemas dengan metode komsos kreatif.

BACA : Prajurit TNI Wajib Waspada Penyebaran Hoax

Ke depan, ungkap mantan Danrem 101/ Antasari ini, ada program lain yang akan di laksanakan dan saat ini pihaknya  sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian.

“Dalam koordinasi itu hasilnya, terkait kerjasama karya bakti dengan Kementrian Perindustrian RI dalam hal ini membentuk sinergitas berupa menciptakan komunitas mikro industri kecil, menengah dan aneka di daerah teritorial,” ujarnya.

Dengan rencana itu, kata dia, Kemenperin RI menyambut baik atas kerjasama yang akan dilakukan antara lain pelatihan keterampilan dan lainnya untuk berdayakan masyarakat sesuai bidang yang dibutuhkan.

BACA JUGA : Babinsa Alalak Selatan Fasilitasi Fogging Basmi Nyamuk Penyebab DBD

“Dengan program itu juga nanti akan memberdayakan SDM, SDA wilayah setempat untuk membantu masyarakat maupun komunitas. Dari hasil koordinasi itu sudah ditindaklanjuti dengan surat kepada Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka ( IKMA ) sinergitas program,” bebernya

Ditekankan Putra, karya bakti TNI merupakan salah satu metode pembinaan teritorial untuk membantu percepatan pembangunan wilayah. “Keberadaan TNI harus menjadi solusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara , jaga kehormatan pelaksanaan tugas dimana pun kita berada,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat
Loading...