ACT Humanity Store: Sistem untuk Bagikan Bantuan bagi Korban Gempa Lombok

GEMPA bumi pada 29 Juli 2018 melumpuhkan aktivitas masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain korban meninggal dunia dan luka-luka, musibah itu juga menyebabkan ribuan rumah rusak berat maupun ringan.

LEMBAGA filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyediakan kebutuhan pokok bagi korban gempa bumi dengan program ACT Humanity Store (AHS) di Lapangan Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara.

AHS merupakan layanan yang menyediakan bantuan sembako bagi masyarakat penyintas gempa Lombok secara gratis. Untuk stok persediaan, ACT bekerjasama dengan PT Hydro Perdana Retailindo, sebuah perusahaan wakaf di bawah naungan Global Wakaf Corporation. Ada 3.500 kepala keluarga yang mendapatkan bantuan rutin dalam sepekan dengan voucher AHS.

Petugas AHS Rizal mengatakan, AHS resmi dibuka pada 17 September lalu, dan mendapatkan respon positif dari masyarakat. “Satu kotak terdiri dari air mineral, beras, minyak goreng, gula, sabun, abon, dan sarden yang cukup untuk kebutuhan keluarga,” beber Rizal.

Ia mengatakan, ada empat petugas yang melayani pengungsi untuk mengambil bantuan sembako dari AHS. “Alhamdulillah, selama saya bertugas di AHS warga mengambil haknya dengan tertib. Setiap hari ada 500 KK yang mengambil sembako” jelasnya.

Rizal menuturkan, AHS tersistem dengan rapi karena setiap KK diberi voucher dan hanya sekali seminggu untuk mengambil bantuan. “Jika sudah mengambil bantuan secara otomatis voucher tidak bisa digunakan hingga hari yang telah ditentukan, dengan cara seperti ini maka pengambilan sembako secara teratur dan tertib” pungkas Rizal.(jejakrekam)

Penulis Husaini
Editor Andi Oktaviani
Anda mungkin juga berminat
Loading...