Rusa dan Tumbuhan Tabat Barito Menjadi Maskot Barito Utara

0

RESMI sudah Rusa dan Tumbuhan Tabat Barito menjadi maskot Kabupaten Barito Utara. Dalam sayembara yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, ada dua kategori yang paling banyak diusulakn, yakni jenis flora dan fauna yang banyak terdapat di wilayah Barito Utara.

KEPALA Dinas Lingkungan Hidup Barut,  Suriawan Frihandi mengatakan dari sayembara tersebut untuk kategori floura adalah tumbuhan tabat barito,  sedangkan untuk fauna adalah binatang rusa.

“Dua kategori ini sudah resmi menjadi maskot Barito Utara,  setelah disampikan Bupati Nadalsyah pada saat hari ulang tahun kabupaten beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, setelah adanya penetapan ini,  maka secara resmi maskot Barut akan diabadikan baik berupa patung dan lainnya. Namun untuk pembuatan ini, pihaknya masih menunggu arahan dari pemerintah daerah.

Yang pasti, sebut dia, para pemenang lomba untuk maskot ini akan diberikan penghargaan pada beberapa hari lagi atau  saat kegiatan upacara hari kemerdekaan.

Menurut dia, saat ini maskot memang sangat penting,  sebab  merupakan identitas suatu daerah. Oleh karena itu juga lambang daerah atau maskot merupakan identitas atau budaya warga sekitar.

Begitu juga dengan rusa bertanduk, binatang yang satu ini merupakan penghuni hutan dipedalaman Barito Utara, bahkan ini sudah dikenal sejak lama. Begitu juga dengan tumbuhan tabat barito menghiasi hutan di wilayah pedalaman.

“Jadi dua katagori yang sudah diumumkan merupakan ciri khas suatu daerah dimana banyak dikenal dan tentu saja dikenal juga di daerah lain,” jelasnya.(jejakrekam) 

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.