Basarnas Terjunkan Kapal-Kapal Besar Evakuasi Penumpang KM Satya Kencana IX

0

KAPAL penumpang KM Satya Kencana IX dari Surabaya tujuan Banjarmasin yang berangkat Jumat (3/8/2018) sore, terbakar di wilayah 54 mil barat daya perairan Tanjung Selatan, Sabtu (4/8/2018) pagi, sekitar pukul 08.00 Wita.

KAPAL ini mengangkut 250 penumpang tengah dilakukan upaya penyelamatan dengan menerjunkan beberapa kapal menuju lokasi kejadian.

Kapten RB 207 Basarnas Banjarmasin Andi Zainuddin kepada jejakrekam.com, Sabtu (4/8/2018), mengungkapkan peristiwa terbakarnya KM Satya Kencana IX terjadi di daerah 54 mil barat daya Tanjung Selatan sekitar pukul 08.00 Wita.

“Kami dapat informasi terbakarnya kapal penumpang ini dari Kepanduan Banjarmasin. Langsung saja kami tindaklanjuti dengan menerjunkan beberapa kapal besar untuk menyelamatkan penumpang yang diangkut KM Satya Kencana IX,” kata Andi Zainuddin.

Ia menyebut kapal yang diterjunkan ke lokasi kejadiaan di antaranya KM Laksamana, KM Niki Sea, KM Kumala dan TB.Bina Marine.“Kapal itu berpenumpang sekitar 250 orang. Saat ini, masih dalam proses evakuasi. Untuk informasi keadaan penumpang, sampai saat ini belum kami dapatkan,” kata Andi Zainuddin.

Menurut dia, kondisi yang sebenarnya akan didapat begitu kapal-kapal besar yang mengevakuasi penumpang bersandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Sementara itu, 20 anggota Basarnas Banjarmasin dikerahkan menuju lokasi KM Satya Lencana IX tenggelam, diketahui berada di radial 204,4° jarak 90 NM dari Dermaga SAR Basirih dengan koordinat 04°43,67′ S – 113°57,81 E.

Sementara itu, Komandan Regu Evakuasi Kantor SAR Banjarmasin, Mujiono melalui siaran persnya, mengungkapkan bahwa anggota tim pencarian dan pertolongan tengah melakukan tindakan di lapangan. “Saat ini, KM Niki Sea tengah mengevakuasi para penumpang di lokasi kejadian,” tutur Mujiono.

Dengan jarak 54 mil dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin ke TKP, diperkirakan kapal-kapal yang diterjunkan dalam misi penyelamatan itu baru tiba sekitar 17.00 Wita. Dengan catatan, kecepatan rata-rata kapal penyelamat sekitar 9 hingga 10 jam baru tiba di Banjarmasin.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.