Antisipasi Kecurangan Pilkada HSS, Berkarya Sebar Saksi TPS, PKS Jaga Basis Massa

0

PERTARUNGAN dua kubu antara petahana dan penantang mulai mendekati masa puncak dalam perebutan kursi Bupati-Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) periode 2018-2023 yang puncaknya pada hari pemungutan suara Rabu (27/6/2018) mendatang.

MESKI pasangan calon nomor urut 1, HM Najamuddin (Nanang Buya)-HM Ridha maju lewat jalur perseorangan. Namun, beberapa parpol parlemen maupun debutan baru sudah menyiapkan untuk menyokong kemenangan sang penantang calon petahana, H Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad di suksesi HSS 2018.

“Kami mendukung sepenuhnya calon pasangan calon nomor urut satu dengan memberikan kader untuk menjadi saksi di tiap tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pemungutan suara Rabu, 27 Juni 2018 mendatang,” ucap Ketua DPD Partai Berkarya HSS H Makmur kepada jejakrekam.com, Senin (14/5/2018).

Dari daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada HSS yang telah ditetapkan KPUD HSS, tercatat ada 162.647 pemilih terdiri dari 80.692 pemilih laki-laki dan 81.982 pemilih perempuan. Mereka nantinya akan menyalurkan hak pilihnya di 550 TPS terbesar di 148 desa dan kelurahan dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten HSS.

“Yang pasti, kami siap menempatkan dari 550 TPS itu satu saksi luar sekaligus menjadi pengawas dan penjaga kalau-kalau ada kecurangan di setiap TPS yang ada di Kabupaten HSS,” ucap Makmur.

Pria yang juga Ketua Asosiasi Kontraktor Nasional (Askornas) Kalsel ini mengungkapkan dalam acara konsolidasi kader dan simpatisan Parai Berkarya di Gedung Kesenian Kabupaten HSS pada Minggu (13/5/2018) telah diinstruksikan untuk mengawal dan mengamankan suara sang jago, Nanang Buya-HM Ridha.

“Kami ingin agar Pilkada HSS ini bisa berjalan jujur dan adil. Makanya, setiap komponen pendukung Nanang Buya-HM Ridha, baik pengurus PAC Partai Berkarya, kader hingga simpatisan untuk bekerja optimal di lapangan,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalsel, Awan Subarkah mengakui peluang kedua kandidat baik penantang maupun petahana masih terbuka lebar untuk memenangkan Pilkada 2018 di Kabupaten HSS.

“Namun, kami tetap menjaga basis massa PKS di HSS. Ya, basis-basis dukungan akan terus diperkuat. Termasuk, menyiapkan saksi untuk disebar dalam hari pemungutan suara di TPS,” ucap anggota DPRD Banjarmasin ini.

Menurut Awan, meski sama-sama berpeluang, semua tergantung pilihan rakyat HSS dalam menyalurkan hak suara. “Namun, kami tetap berusaha maksimal sebagai koalisi parpol pendukung untuk memenangkan calon petahana, HA Fikry-Syamsuri Arsyad. Ini menjadi target kami,” tandasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.