Stadion Demang Lehman Dibuka, Siap Tampung Seribu Jamaah Haul Akbar

0

STADION Demang Lehman di Desa Indra Sari, Kecamatan Martapura dibuka untuk tempat menampung para jamaah yang akan mengikuti haul akbar ke-13 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani yang akrab disapa Guru Sekumpul. Diperkirakan ada jutaan jamaah yang akan menghadiri acara puncak hari wafatnya ulama kharismatik Kalsel pada Minggu (25/3/2018) malam.

PENGELOLA stadion yang mampu menampung 15.000 penonton, telah membersihkan gelanggang olahraga selesai dibangun pada 18 Januari 2013 dengan biaya Rp 90 miliar itu, demi menjamu para tamu berbagai daerah untuk menghadiri haul akbar ke-13 Guru Sekumpul tersebut.

Tampak para relawan dan anggota pemadam kebakaran membersihkan stadion yang menjadi markas Martapura FC. Pengelola Stadion Demang Lehman, H Mokhamad Hilman mengakui hingga Kamis (22/3/2018), sudah terdaftar lebih dari 900 jamaah yang akan menginap di Stadion Demang Lehman.

“Kapasitas stadion mampu menampung 1.000 jamaah. Kalau sudah mencapai seribu orang, kemungkinan masa pendaftarannya akan kami tutup,” ucap Hilman kepada jejakrekam.com, Kamis (22/3/2018).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar ini mengungkapkan ada beberapa fasilitas yang tersedia di Stadion Demang Lehman seperti mushalla, kamar mandi, WC serta kursi pijat. “Jadi, para jamaah haulan bisa menggunakan fasilitas yang ada, termasuk kursi pijat,” ucap Hilman.

Ketua Umum Martapura FC ini mengatakan fasilitas yang ada di Stadion Demang Lehman telah bisa digunakan sejak Jumat (23/3/2018) hingga Senin (26/3/2018). Untuk keperluan mandi, berwudhu dan lainnya, pengelola telah menyiapkan pompa air di Stadion Demang Lehman dengan kekuataan 2 liter per detik. Termasuk, menerjunkan petugas kesehatan yang melayani para jamaah yang menghadiri haul akbar Guru Sekumpul.

“Atas perintah Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, petugas kesehatan langsung diterjunkan lengkap dengan peralatan medis dan obat-obatan. Mereka ditugaskan di halaman Stadion Demang Lehman untuk melayani para jamaah,” kata Hilman.

Sedangkan, halaman parkir yang cukup luas di Stadion Demang Lehman bisa memuat kendaraan para jamaah, termasuk bus-bus besar yang datang dari luar daerah Kalsel.

“Kami sengaja membuka Stadion Demang Lehman agar bisa menampung ribuan jamaah haul akbar Abah Guru Sekumpul yang ke-13. Kami yakin banyak jamaah yang datang dari luar Kalsel yang akan bermalam di Stadion Demang Lehman,” pungkasnya.(jejakrekam)

 

 

Penulis Herry Yusminda
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.