Inkindo Kalsel dan ACEM Malaysia Buka Peluang Usaha

0

DEWAN Pengurus Provinsi  Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (DPP Inkindo) Kalimantan Selatan menjalin kerja sama dengan Association Consulting Engineersof Malaysia (ACEM) Cabang Sabah, Malaysia.
Penandatanganan kesepakatan kerja sama atau Memorandum of  Understanding itu dilakukan di Banjarmasin, akhir pekan lalu, oleh Ketua DPP Inkindo Kalsel Ir Syamsul Arivin MP  dan Chairman ACEM Sabah Mr Amirul Hisham Bin Ismail, disaksikan Presiden Federasi Konsultan ASEAN (Federation ASEAN Consulting Engineer/FACE) Ir Nugroho Pudji Rahardjo .
Menurut Syamsul Arivin kepada wartawan di Banjarmasin, Kamis (30/08/2017), ada tiga poin MoU yang ditandatangani. Pertama, kerjasama dalam pelaksanaan pekerjaan jasa konstruksi baik di Indonesia maupun di Malaysia. Kedua, kerja sama dalam partisipasi para ahli dalam pekerjaan jasa konstruksi. Ketiga, kerjasama dalam peningkatan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan bersama.
“Kerjasama ini mampu membuka peluang anggota Inkindo Kalsel untuk bekerja di luar negeri. MoU ditandatangani di Kantor DPP Inkindo Kalsel  di Banjarmasin ada 26 Agustus 2017,” ujarnya.
Menurutnya, kerjasama  DPP Inkindo Kalsel dan ACEM Sabah ini sebagai tindak lanjut program FACE, yang kini dipimpin oleh Ketua Dewan Pengurus Nasional Inkindo  Nugroho Pudji Rahardjo, dan General Secretary Zulkifli Halim yang juga pengurus DPN Inkindo.
‘’Tujuan dibentuknya  FACE  adalah untuk  mempromosikan rumusan dan pelaksanaan kebijakan, rencana dan proyek untuk kemajuan industri konsultansi di negara-negara ASEAN. DPP INKINDO Kalimantan Selatan selalu ikut pertemuan FACE dilaksanakan tiga bulan sekali. Di Vietnam pada Mei 2017,  di Filipinapada l 5-9 Agustus 2017, dan Oktober 2017 di Jakarta,” tambahnya.
DPP Inkindo Kalsel, menurut Syamsul Arivin,  adalah organisasi konsultan pertama  di Indonesia yang menjalin kerjasama Internasional  ACEM  Sabah, dengan tujuan membuka peluang anggota untuk bekerja di luar negeri.
Mr Amirul Hisham Bin Ismail mengatakan kerjasama dengan DPP Inkindo Kalsel sangat strategis karena berada dalam satu pulau dan serumpun, sehingga perlu segera direalisasikan dalam bentuk kegiatan nyata.
Adapun kedatangan tamu dari ACEM Cabang Sabah ke Banjarmasin pada 25-27 Agustul lalu, menurut dia, merupakan kunjungan balasan DPP Inkindo Kalsel ke ACEM Kuala Lumpur, Malaysia, Mei 2016 lalu. ‘’Kedatangan ACEM Sabah ini,  sekaligus meramaikan acara Forum Anggota dan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi serta acara peresmian renovasi interior gedung kantor DPP Inkindo Kalimantan Selatan, yang diresmikan Ketua DPN Inkindo Nugroho Pudji Rahardjo,” bebernya.
Nugroho menyebutkan, kantor DPP Inkindo Kalsel merupakan salah satu kantor DPP terbaik dan terlengkap fasilitasnya di Indonesia.
Adapun delegasi ACEM Sabah ke Banjarmasin,  yakni Ketua  Mr Amirul Hisham Bin Ismail,  Wakil ketua Mr Lo Chong Chiun,  dan sejumlah anggota Mr.Tan Kok Jyh, Mr Heng Aik Sin, Mr Lee Tet Fo, Mr Chia Khuin Fung, dan Mr Chow Wai Ming.
Tamu lain yang datang menghadiri peresmian gedung DPP Inkindo Kalsel, adalah Presiden FACE  Nugroho Pudji Rahardjo  Sekjen FACE Zulkifli Halim, Sekjen DPN Inkindo  Ir Erie Heryadi, Bendahara Sonny BM Tamjid, Wakil Ketua Umum Ir Ronald Sihombing MSi, Ketua DPP Inkindo Jakarta Ir Peter E Frans, Ketua DPP Inkindo NTT Ir Tanto EH Sunukmo, Sekretaris DPP Inkindo Jatim Ir Adi Prawito, dan Ketua DPP Inkindo Gorontalo Kasim Kasmin.
‘’Hadir pula DPP Inkindo regional se-Kalimantan, seperti DPP Inkindo Kalimantan Timur, Tengah, Barat, dan Kaltara yang tergabung dalam kerjasama lintas Inkindo Kalimantan yang disebut Klik Borneo,’’ demikian Syamsul Arivin. (jejakrekam)

Penulis : Tim Economic
Editor : Afdi Achmad
Foto : Inkindo Kalsel

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2017/08/31/inkindo-kalsel-dan-acem-malaysia-buka-peluang-usaha/

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.