DPR RI Cek Kesiapan Arus Balik di Terminal Km 6

0

PUNCAK arus balik diperkirakan terjadi pada Sabtu (1/7/2017) hingga Minggu (2/7/2017). Hal ini terlihat di Terminal Km 6 Banjarmasin yang kedatangan bus-bus atau angkutan lainnya dari beberapa kota di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah danKalimantan Timur belum seramai arus mudik sebelum Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah.

KEBANYAKAN para pemudik masih didominasi menggunakan kendaraan pribadi, dibandingkan moda transportasi massal. “Kami mudik ke Amuntai bersama keluarga besar menggunakan angkutan pribadi dibandingkan naik taksi Hulu Sungai,” ucap Mansyah kepada jejakrekam.com, Kamis (29/6/2017).

Warga Jalan Mahligai, Jalan Achmad Yani Km 8 ini mengakui perjalanan dari Banjarmasin menuju Amuntai tak ada kendala sama sekali, hanya faktor kelelahan menerpa. “Syukurnya, di tiap daerah ada posko mudik dan balik. Jadi bisa istirahat sekaligus mengecek kesehatan. Bahkan, petugas kepolisian, dinas perhubungan dan relawan juga turut membantu mengatur jalan, sehingga perjalanan mudik jauh lebih lancar,” tutur Mansyah.

Sementara itu, petugas Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel H Rizani mengakui di Terminal Km 6 Banjarmasin belum terjadi peningkatan yang signifikan kedatangan bus maupun angkutan lainnya. Hal ini sejalan dengan cuti lebaran yang baru berakhir pada Minggu (2/7/2017). “Sebab, baru Senin (3/7/2017) masuk kerja lagi. Jadi, arus balik belum pada puncaknya. Seperti armada bus Balikpapan-Samarinda-Banjarmasin hanya sekitar 15 buah yang datang dan berangkat,” tutur Rizani.

Dalam sidak anggota Komisi V DPR RI, Abdul Latief Hanafiah mengecek kesiapan Posko Induk Pemprov Kalsel di Terminal Km 6 Banjarmasin untuk melayani para penumpang, khususnya para pemudik. Bahkan, mantan anggota DPRD Kalsel ini pun mengecek tensi darah untuk menguji apakah posko itu berjalan sesuai harapan. “Saya berpesan agar pelayanan terhadap para pemudik lebih diutamakan. Sebab, hal ini menyangkut keselamatan di jalan. Terlebih lagi, saat menyambut arus balik libur lebaran yang akan berlangsung di Terminal Km 6 Banjarmasin,” kata legislator Fraksi PKB DPR RI ini.(jejakrekam)

Penulis  : Sirajuddin

Editor    : Didi G Sanusi

Foto      : Sirajuddin

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.