GP Ansor Siap Bantu Polisi Perangi Radikalisme

0

UNTUK menangkal sekaligus mewaspadai bibit-bibt radikalisme di daerah, jajaran Polres Balangan bersama pengurus Gerakan Pemuda (GP) Ansor menggelar buka puasa bersama di Mushalla An Noor Polres Balangan di Paringin, Sabtu (3/6/2017).

ORGANISASI kepemudaan di bawah bendera Nahdlatul Ulama (NU) serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Balangan pun dirangkul untuk bersama-sama memerangi bibit-bibit paham radikal yang kini menyasar kalangan muda.

Kapolres Balangan, AKBP Mohammad Zamroni pun mengapresiasi apa yang selama ini telah ditempuh GP Ansor dalam menanamkan sikap toleransi serta memerangi radikalisme yang bisa mengancam keamanan dan ketertiban umum.“Lewat silaturahmi ini, Polres Balangan ingin lebih dekat lagi dengan GP Ansor yang selama ini aktif memerangi bahaya paham radikal dan ingin bersinergi terkait masalah ini,” kata Zamroni

Amannya Bumi Sanggam dari paham radikal, dinilai Zamroni, tidak terlepas dari upaya bersama khususnya kekompakan Polri, TNI serta unsur terkait, seperti tokoh agama maupun pemerintah daerah. Walau di Balangan belum ditemukan komunitas yang menganut paham radikal, Zamroni tetap mengajak agar mewaspadainya. “Sebab, bisa saja timbul sewaktu-waktu, tentu hal itu perlu kewaspadaan bersama. Salah satu cara meningkatkan kewaspadaan dengan mengaktifkan lagi 1 x 24 jam wajib lapor terhadap pendatang,” tegas Zamroni.

Sedangkan, Ketua GP Ansor Kabupaten Balangan Abdul Kahar menegaskan pihaknya siap mendukung aparat penegak hukum dalam memerangi dan menangkal bahaya paham radikal agar tak berkembang di masyarakat.“Kami barisan GP Ansor Balangan siap menjadi garda terdepan membela NKRI dan memberikan informasi sekecil apapun yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di Balangan,” cetus Abdul Kahar.

Kemudian, acara silaturahmi sekaligus buka puasa bersama ini diisi tausyiah oleh Ketua MUI Balangan KH Ahmad Yusuf Lc. Dalam ceramah agamanya, Ahmad Yusuf  menyampaikan keutamaan-keutamaan pada bulan suci Ramadhan serta faedah amal ibadah di bulan termulia dalam kalender Islam ini.(jejakrekam)

Penulis : Sugianoor

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Sugianoor

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.