Diguyur Hujan Lebat, Baruh Panyambaran Sempat Terendam

0

HUJAN deras yang turun sejak malam hingga Senin (8/5/2017) di Kecamatan Halong dan Juai, membuat aliran sungai Batang Balangan meluap dan merendam beberapa desa yang dilaluinya di antaranya Desa Baruh Panyambaran Kecamatan Halong.

AKIBAT meluapnya air Sungai Batang Balangan ini, hampir seluruh wilayah desa terendam hingga menyerbu pemukiman warga. Meski terendam, ketinggian air sendiri bervariasi antara 30 centimeter hingga lebih. Walau sempat merendam pemukiman, terpantau hanya beberapa rumah warga yang tempat tinggalnya terendam sampai ke dalam rumah. Sisanya, hanya merendam halaman hingga pelatar rumah.

Suria, salah satu warga Kecamatan Juai mengungkapkan, air Sungai Batang Balangan mulai meluap saat pagi hari hingga merendam jalan dan pemukiman serta areal di sekitarnya.“Air sungai mulai naik sekitar jam 07.30 pagi, hingga merendam rumah milik warga hingga sampai ke dalam rumah,’’ ujar Suria kepada jejakrekam.com, Senin (8/5/2017).

Terpisah, Kepala Seksi Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan Muhammad Syuhada mengakui banjir yang terjadi di Desa Baruh Panyambaran ini merendam beberapa tempat tinggal, sedikitnya ada 41 kepala keluarga (KK) yang ada.

Dari ke 41 KK ini, kata Syuhada, 19 KK di antaranya terendam parah atau sempat masuk dalam rumah, sedangkan sisanya terendam tapi tidak parah. “Total ada 176 jiwa dari 41 KK yang kena dampak banjir ini. Tapi kondisi masyarakat masih aman, tidak perlu mengungsi karena air perlehan mulai turun,’’ bebernya.

Meski demikian, lanjut dia, pihaknya bersama Tagana dan Polres Balangan selalu siaga dilapangan guna membantu masyarakat dan mengantisipasi jika terjadi banjir susulan.

“Kami juga mengimbau agar warga yang tinggal dibantaran sungai selalu waspada, terlebih jika hujan deras turun dengan intesitas waktu yang lama. Karena air sungai bisa meluap sewaktu-waktu dan mengakibatkan banjir,’’ pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis  : Sugianoor

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Sugianoor

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.