Sambut Ibu Negara, 2.358 Wanita Bakal Periksa Dini Kanker Serviks

0

INGAT penyakit yang kini diderita artis populer Aku Ropopo dan Belah Duren, Julia Perez (Jupe)? Ya, kanker serviks stadium IV kini diderita Jupe. Tak hanya kanker yang muncul dalam leher rahim, kanker payudara juga menjadi ancaman serius bagi kaum hawa. Sebab, tak sedikit nyawa para penderitanya melayang.

DATA menunjukkan di seluruh Indonesia ada 15 ribu kasus kanker serviks, 8 ribu di antaranya membawa kematian. Kebanyakan mengapa membawa kepada kematian dikarenakan keterlambatan dalam mendeteksi.

Untuk menanggulangi penyakit itu diperlukan langkah serius. Terutama kesadaran dari para wanita sendiri untuk melakukan pemeriksaan secara rutin melalui Inspeksi Visual dengan Asam Aselat (IVA). Dalam upaya pencegahan tersebut, di Kalimantan Selatan terdapat 2.538 wanita akan melakukan pemeriksaan IVA. Pemeriksaan tersebut bagian dari rangkaian kunjungan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo di Banjarbaru pada Rabu (25/4/2017) mendatang.

“Kita tahu penyakit kanker serviks ini merupakan sebuah kasus cukup besar. Oleh karena itu, ketua tim penggerak PKK Kalsel beserta PKK kabupaten kota ingin sekali melakukan deteksi dini. Ada beberapa metoda dapat dilakukan, yang paling efisien dan murah tanpa alat tanpa sarana prasarana yang kompleks dengan pemeriksaan IVA,’’ jelas Sekretaris Panitia Pelaksana Kunjungan Ibu Negara, Muhammad Muslim kepada wartawan di Banjarbaru, Sabtu (22/4/2017).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel ini mengungkapkan dalam kunjungan rombongan Ibu Negara Iriana Jokowi, salah satu yang menjadi fokus kegiatan adalah pemeriksaan IVA kepada para wanita yang sudah menikah, atau sudah melakukan hubungan seksual berusia 20 sampai 50 tahun. “Sekitar 2.538 wanita yang sudah terdaftar akan melakukan pemeriksaan, bisa jadi bertambah terus. Pemeriksaan IVA akan dilaksanakan selama dua hari,’’ urainya.

Masih menurut Muslim, khusus di Kalsel berdasarkan laporan ada 94 yang positif terkana kanker serviks. Ia mengatakan, dengan adanya kasus artis terkenal mengalami kanker serviks diharapkan menjadi pemicu kebijakan dalam mengambil langkah pendeteksian dini.

“Kalau bisa identifikasi terlebih dahulu tentu bisa dicegah. Kebanyakan persoalan yang dihadapi kanker serviks sudah memasuki fase kronis, ya baru dirujuk ke rumah sakit. Kita berharap agar upaya preventif dilakukan, salah satunya dengan pemeriksaan IVA. Mudah-mudahanan dengan kegiatan ini menyadarkan para wanita kita , terutama di Kalsel untuk sadar dan berkemauan melakukan pemeriksaan sedini mungkin,’’ tutur Muslim.(jejakrekam)

Penulis    : Wan Marley

Editor      : Didi G Sanusi

Foto         : Wan Marley

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.