Polisi Lalu Lintas Datang, Siswa SDN Mawar 2 Tampak Girang

0

MURID-murid SDN Mawar 2 Banjarmasin, begitu girang ketika ditemui anggota Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banjarmasin. Ketika apel bendera tiap Senin pagi sekitar pukul 07.30 Wita, aparat berseragam abu-abu dibalut hijau menyala itu menyambangi mereka memperkenalkan program Polisi Sahabat Anak (PSA) di halaman SDN Mawar 2 Banjarmasin, Senin (27/2/2017).

TENTU saja, apel pagi rutin itu menjadi lebih berwarna, karena Ipda Budiono dari Satlantas Polresta Banjarmasin bersama rekannya memberi materi pengajaran yang berbeda. Para polisi ini memperkenalkan rambu-rambu lalu lintas dengan gaya santai penuh canda, bahkan dengan nyanyian gembira layaknya seorang sahabat.

“Sebetulnya, ada 13 program untuk sosialisasi berlalu lintas yang baik di jalan, bukan hanya kepada para siswa SD, tapi juga hinga perguruan tinggi,” ujar Budiono di Banjarmasin, Senin (27/2/2017).

Ia mengatakan program Polisi Sahabat Anak ternyata diminati anak-anak sekolah dasar. Sebab, misi sosialisasi rambu-rambu lalu lintas itu diselingi dengan tanya jawab atau tebakan berhadiah. Tentu saja, siswa yang mendapat hadiah begitu girang menyambutnya.

Kedatangan bapak-bapak polisi ini pun disambut hangat Kepala SDN Mawar 2, HM Zaini. Menurutnya, pihak sekolah sangat berterima kasih atas partisipasi kepolisian dalam memberi materi tertib berlalu lintas, terkhusus pengenalan rambu-rambu lalu lintas sejak dini.

Menurutnya, SDN Mawar 2 bukan hanya sekolah reguler, tapi juga menampung siswa filial terutama anak-anak pengupas bawang di Pasar Harum Manis Banjarmasin.  Dalam kesempatan itu, Zaini berharap agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjarmasin juga memperhatikan para siswa SDN Mawar 2 filial di Pasar Harum Manis.  “Setidaknya, mereka juga mendapat pembinaan dan keterampilan khusus. Jadi, begitu lulus, sudah siap kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” kata Zaini.

Nah, acara rutin Polisi Sahabat Anak ini dinilai Zaini sangat bermuatan positif, terutama mendidik sejak dini agar anak-anak mengetahui aturan berlalu lintas. Setidaknya, bisa mengingatkan para orangtua saat melintas di jalan terhadap rambu-rambu lintas berupa larangan atau tidak. “Sekali lagi, kami berterima kasih kepada pihak kepolisian,” ucap Zaini.(jejakrekam)

Penulis  : Sira Awdi

Editor    : Didi GS

Foto      : Sira Awdi

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.