Sampaikan LKPj 2019, Paman Birin Klaim Mampu Tekan Angka Pengangguran dan Kemiskinan

0

DENGAN menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) dan duduk berjarak serta mengenakan masker, para wakil rakyat di DPRD Kalimantan Selatan mendengarkan penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Sahbirin Noor.

RAPAT paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kalimantan Selatan H Supian HK, berlangsung cukup singkat di Ruang Paripurna Dewan, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kamis (23/4/2020).

Gubernur Sahbirin Noor pun menyampaikan poin-poin yang ada dalam LKPj tahun anggaran 2019 yang disampaikan ke DPRD Kalsel.

“LKPj ini disampaikan secara singkat, tanpa mengurangi substansinya, mengingat pandemi Covid-19. Jadi poinnya saja,” ucap Sahbirin Noor.

Gubernur yang akrab dipanggil Paman Birin ini menyampaikan dalam LKPj mengenai realisasi program kerja selama setahun untuk bahan evaluasi dewan untuk perbaikan kinerja tahun depan.

BACA : Figur Pendamping Paman Birin Masih Digodok

Paman Birin menguraikan dalam APBD 2019 lalu, realisasi pendapatan mencapai Rp 6,76 triliun dari target Rp 7,09 triliun atau 95,28 persen. Sedangkan, realisasi pengeluaran atau belanja Rp 7,04 triliun dari target Rp 7,59 triliun, atau 92,93 persen.

“Pada tahun 2019, Kalsel berhasil angka pengangguran berada di angka 4,31 persen. Kita juga berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 4,54 persen menjadi 4,47 persen. Ini jauh di bawah rata-rata nasional,” papar Paman Birin.

Ketua DPD Partai Golkar Kalsel ini juga membeberkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terus mengalami peningkatan yang kini mencapai 70,72. Sedangkan, pada tahun 2018 hanya 70,17. 

“Kita juga mampu mendorong dari sektor agroindustri dan pariwisata, agar tidak lagi mengandalkan sektor pertambangan,” ucapnya.

BACA JUGA : Imbau Tetap di Rumah, Paman Birin Tebar Paket Sembako dalam Bakul Purun

Usai penyampaian LKPj kepala daerah, pimpinan rapat paripurna H Supian HK melemparkan tanggapan. Ternyata, semua anggota dewan yang hadir koor menyetujui LKPj yang disampaikan Paman Birin.

Sebelum rapat ditutup, pimpinan sidang juga menyampaikan kepada anggota untuk membentuk panitia khusus LKPj guna mengevaluasinya. (jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.