Tunggu Rekomendasi KKP RI, Pembahasan RTRWP Kalsel Hampir Rampung

0

PEMBAHASAN Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Kalsel Tahun 2023 – 2043 hampir rampung.

HAL itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel Ahmad Solhan usai rapat bersama Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Kalsel di Banjarmasin, Rabu (8/3/2023).

Solhan mengatakan, untuk pembahasan lanjutan RTRWP Kalsel 2023 – 2043 tinggal menunggu rekomendasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI).

BACA : Belum Masuk Tahap Substansi, Pansus RTRW Kalsel Tunggu Hasil Deklarasi Di Jakarta

“Karena RTRWP Kalsel 2023 – 2024 tidak cuma mengenai darat, tetapi juga masuk daerah laut atau pesisir dan pulau-pulau kecil. Sedangkan terkait daerah daratan sudah sinkronisasi,” kata dia.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kalsel Muhammad Syaripuddin mengharapkan, RTRWP Provinsi Tahun 2023 – 2043 tidak masalah dalam penetapan nanti.

Ia pun menyarankan, dalam pembahasan RTRWP tersebut hendaknya betul-betul mulai dari bawah guna sinkronisasi.

BACA JUGA : Pansus DPRD Bahas Revisi RTRWP Kalsel, Sekdaprov : BIG Peta Dasar Sudah Selesai

Sebelumnya, dalam pembahasan RTRWP tersebut, Pansus I DPRD Kalsel berkonsultasi dengan Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI beberapa hari lalu.

Kemudian Pansus I DPRD Kalsel kunjungan kerja dalam daerah pada 9 – 11 Maret 2023 guna mendapatkan masukkan dari pemerintah kabupaten/kota untuk pembahasan RTRWP tersebut.(jejakrekam)

Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.