Gubernur Kalsel Anjurkan ASN Salurkan Zakat Melalui Baznas

0

ASN lingkup Pemprov Kalsel dianjurkan untuk menyalurkan zakat infak dan sedekah (ZIS), melalui Badan Amil Zakat Nasional setempat.

ANJURAN untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tersebut, disampaikan oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Provinsi, Roy Rizali Anwar pada kegiatan ‘Keteladanan Pemimpin Berzakat’, Jumat (5/4/2024) di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Gubernur menyampaikan, Baznas adalah lembaga yang melakukan pengelolaan ZIS secara nasional. Selain itu, ini adalah lembaga pemerintah nonstruktural, yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada presiden melalui Menteri Agama RI.

BACA: BAZNAS Award, Gubernur Kalsel Terima Penghargaan Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik

Baznas sebagai lembaga resmi pengumpul ZIS, dinilai memiliki pengalaman dan pengetahuan sesuai ajaran agama terkait penyaluran ZIS, sehingga zakat infak dan sedekah yang disalurkan melalui lembaga ini dipastikan tepat sasaran dan sesuai dengan aturan dalam Islam.

Gubernur pun berharap, melalui kegiatan Keteladanan Pemimpin Berzakat setiap Ramadhan ini, dapat meningkatkan semangat atau ghiroh muzakki untuk menyalurkan hak para mustahik melalui Baznas.

Pada kegiatan dengan tema ‘Nikmat Berzakat Tentramnya Muzaki Bahagianya Mustahik’ ini, Roy Rizali Anwar juga memimpin pembayaran zakat melalui Baznas Provinsi, pembayaran zakat maal dan zakat fitrah. Diikuti oleh unsur Forkopimda Provinsi, pengusaha dan juga unsur perbankan.

BACA JUGA: Gubernur Kalsel Imbau Pejabat, ASN, Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Melalui BAZNAS

Pada kesempatan itu, Baznas Provinsi Kalsel menyiapkan 3.000 paket Ramadhan Bahagia yang diserahkan secara simbolis oleh Sekdaprov Roy Rizali Anwar.

Sementara itu, Ketua Baznas Provinsi Kalsel, Irhamsyah Safari mengatakan, penyaluran tidak hanya dilakukan Baznas Provinsi, tetapi juga dibantu UPZ Baznas yang ada di instansi vertikal dan pemerintah daerah, serta sejumlah lembaga dan organisasi. Sehingga semua paket yang disiapkan dapat tersalurkan kepada para mustahik.

Program rutin Ramadhan ini diharapkan Irhamsyah dapat sedikit meringankan para mustahik, memenuhi kebutuhan rumah tangga khususnya selama Ramadhan dan jelang Idul Fitri.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.