Gubernur Kalsel Imbau Pejabat, ASN, Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Melalui BAZNAS

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, melalui Sekretaris Daerah Roy Rizali Anwar menghadiri penyerahan zakat Gubernur dan Wakil Gubernur serta pejabat pemerintah, BUMD, dan masyarakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), di Gedung Idham Chalid di Banjarbaru.

DALAM kesempatan ini Sekdaprov Kalsel menyerahkan pula zakat pribadi yang langsung diterima oleh Ketua Baznas Kalsel Irhamsyah Safari, Rabu (12/4/2023).

Dalam sambutan tertulis yang disampaikan Sekdaprov Kalsel, gubernur mengimbau kepada para ASN, pengusaha, dan seluruh umat Islam yang sudah memenuhi kewajiban membayar zakat, untuk segera menyalurkan zakatnya melalui Baznas. “Saya mengimbau, kepada para pengusaha dan seluruh umat Islam yang sudah memenuhi kewajiban membayar zakat, juga ikut menyalurkan zakatnya melalui Baznas,” sampainya.

BACA: Launching Program Zmart Baznas, Gubernur Kalsel Berharap Program Bantuan Baznas Berkelanjutan

Lebih lanjut gubernur menyampaikan, zakat yang dibayarkan memiliki dimensi dalam tatanan kehidupan sosial, pemberdayaan umat secara ekonomi, dan sekaligus juga potensi untuk menanggulangi kemiskinan. “Rukun Islam yang Keempat ini memiliki makna sebagai rasa kebersamaan dan persaudaraan, sehingga zakat menjadi harapan untuk membangun kesejahteraan umat,” katanya.

Ditambahkannya, potensi zakat untuk mensejahterakan umat sangat besar, terlebih untuk daerah Kalsel yang mayoritas beragama Islam, dimana dari 4,2 juta jiwa penduduk, lebih dari 90 persen masyarakat Kalsel beragama Islam.

Sementara itu, Ketua Baznas Kalsel Irhamsyah Safari dalam laporannya menyampaikan apresiasi atas dukungan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan pada penyerahan zakat kali ini.

BACA JUGA: Luncurkan Program Bakti Banua, Baznas Kalsel : Demi Jaga Alim Ulama dan Anak Yatim

“Alhamdulillah, 21 Ramadhan 1444 Hijriah atau yang bertepatan pada 12 April 2023 merupakan hari istimewa, karena di hari 10 terakhir Ramadhan kita dapat menggelar keteladanan pemimpin muslim berzakat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan,” sebutnya.

Dilaporkan pengumpulan zakat, infaq, dan sedekah di Baznas Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2022 sebesar Rp 16,7 miliar, selanjutnya pada tahun 2023 target pengumpulan zakat, infaq, dan sedekah serta dana sosial keagamaan lainnya dan dana corporate social responsibility atau CSR sebesar Rp 26 miliar. “Mudah-mudahan, kami bisa memenuhi target yang ditetapkan Rp 26 milyar ini,” harapnya.

Turut hadir dan menyalurkan zakat pribadinya ke Baznas, sejumlah Kepala SKPD, Pejabat Administrator, dan Pejabat Pengawas Lingkup Prov Kalsel, para pimpinan perusahaan BUMD, serta berhadir pula perwakilan Forkopimda Provinsi Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.