Kadiskes Kalsel Pimpin Pemeriksaan Kesehatan Pengemudi, Pastikan Lancar Jelang Lebaran

0

KEPALA Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah Sahbirin meninjau secara langsung pelaksanaan pemeriksaan kesehatan, bagi pengemudi bus di Terminal Tipe A Gambut, Kabupaten Banjar, Kamis (4/4/2024).

DISAMPAIKAN Hj Raudatul Jannah, kegiatan pemeriksaan kesehatan pengemudi merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan bersama instansi vertikal, pada saat momen mudik lebaran Idul Fitri.

“Kegiatan ini merupakan wujud kesiapsiagaan menghadapi kegiatan Arus Mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M. Salah satunya pemeriksaan kesehatan menyelenggarakan upaya kesehatan bagi pengemudi bus antar kota antar provinsi,” sampainya.

Lebih lanjut disebutkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pengemudi, meningkatkan keselamatan transportasi untuk awak, penumpang, serta masyarakat sekitarnya.

BACA: Kadiskes Kalsel Buka Workshop PPAM

Sehingga pemudik sampai tujuan dengan aman dan selamat, memastikan pengemudi dalam keadaan sehat bugar dan penumpang dalam keadaan sehat, mendapatkan data dan melakukan dalam rangka pelaksanaan surveilans kesehatan pekerja pada pengemudi.

Kegiatan yang dilaksanakan secara terintegrasi antara Dinas Kesehatan Provinsi, Dinkes Kabupaten Banjar Dan Puskesmas Gambut, serta berkoordinasi dan berkolaborasi dengan kepolisian, Dinas Perhubungan, Badan Narkotika Nasional, serta Jasa Raharja.

Hj Raudatul Jannah berharap, para pengemudi tetap sehat dan selamat sampai tujuan, serta angka kejadian kecelakaan lalu lintas jadi lebih rendah. “Kita berharap, dengan pemeriksaan kesehatan ini, masyarakat dapat dengan aman dan nyaman mudik ke kampung halaman, hingga selamat sampai tujuan,” harapnya.

Pemeriksaan kesehatan pengemudi dilakukan untuk menentukan kelaikan mengemudi. Yakni meliputi tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat, jumlah denyut nadi dan jantung, saturasi oksigen, pemeriksaan mata (katarak, buta warna), kadar konsumsi alkohol, pernapasan, dan pemeriksaan jiwa.(jejakrekam)

Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.