Pemkab Barito Kuala Gelar Musrenbang RKPD 2025

0

BERTEMA ‘Memantapkan Pemerataan Pembangunan dan Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia’, Pemerintah Kabupaten Barito Kuala menggelar Musrenbang RKPD Tahun 2025.

MUSYAWARAH Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 ini, dibuka oleh Penjabat Bupati Batola, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H Zulkipli Yadi Noor, Rabu (27/3/2024).

H Zulkipli Yadi Noor mengatakan, proses musrenbang merupakan tahapan penting dalam perencanaan pembangunan daerah, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, tentang Sistem Perencanaan Nasional, dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah.

BACA: Barito Kuala Kembali Raih Adipura, Mujiyat: Bersyukur Pertahankan Predikat Kota Bersih

Selain itu, H Zulkipli Yadi Noor menambahkan, yakni Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, yang mengatur terkait penyusunan dan evaluasi dokumen perencanaan pembangunan daerah.

“Kita menerima usulan masyarakat melalui pemerintah desa dengan jumlah 1.445 usulan. Apabila dibandingkan dengan kemampuan keuangan daerah, tentunya tidak semua usulan dapat diakomodir,” ujar Sekda Batola H Zulkipli Yadi Noor, dalam siaran pers, yang disampaikan pada Kamis (28/3/2024).

Menurutnya, Pemkab Batola melaksanakan musrenbang perlu mencermati dengan melakukan prioritas pembangunan. “Tuntutan masyarakat lebih besar terkait infrastruktur. Di setiap kecamatan, ketika kami melakukan Safari Ramadhan hadir usulan infrastruktur dan keluhan anggaran,” ucapnya.

Dicontohkannya, dari laporan dari Dinas PU Batola, jalan di Batola masih dalam kondisi rusak sekitar 300 kilometer, dan perlu anggaran Rp 100 miliar untuk perbaikan,” paparnya.

Dijelaskan Zulkipli, pelaksanaan musrenbang dalam rangka untuk menyeleksi usulan-usulan prioritas dan merupakan kewenangan kabupaten.

Usulan kewenangan desa, dan akan dapat diakomodir melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), dan terkait kewenangan provinsi dan nasional, disampaikan pula melalui musrenbang provinsi dan nasional.

BACA JUGA: Warga Desa Tinggiran Luar II Minta Jalan Sungai Lauk Segera Diaspal

Turut berhadir dalam Musrenbang RKPD Tahun 2025, Ketua dan anggota DPRD barito Kuala, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Direktur PEIPD Ditjen Bina Bangda Kemendagri, Wisnu Hidayat secara virtual.

Selain itu, perwakilan Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin, Beppeda Kalsel diwakili Kabid P2EPD Kalsel, para Staf Ahli Bupati dan para asisten Sekda dan narasumber dari UGM, Adi Subandrio secara virtual.

Kepala Kementrian Agama Kabupaten Batola dan Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Batola. Kepala Dinas Instansi Vertikal Lingkup Pemerintah Kabupaten Batola, Ketua TP-PKK Batola, Ketua DWP Batola, Pimpinan BUMN dan BUMD.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.