Tren Laka Laut Meningkat, Ditpolairud Polda Kalsel Gelar Rakor Pengamanan Mudik Lebaran 2024

0

JELANG mudik Idul Fitri 1445 Ditpolairud Polda Kalsel menggelar Rapat Koordinasi Unsur Maritim Kalsel Dalam Rangka Pengamanan Mudik Lebaran 2024″ di Aula Mathilda Polda Kalsel, Kamis (28/3/2024).

KAPOLDA Kalsel Irjen Pol Winarto mengatakan, dilaksanakannya rapat koordinasi untuk mendengarkan kesiapan masing-masing instansi dan stakholder, untuk kita sinergikan agar lancar dilapangan, sehingga bisa melayani masyarakat yang akan melaksanakan mudik ataupun baliknya nanti.

“Kita mengacu evaluasi tahun kemarin, apa saja kendala-kendala yang terjadi tahun lalu dan kita perbaiki tahun ini. Kepada masyarakat yang mudik patuhi aturan yang ada, dengarkan apa yang kita imbau dan saling menghargai,” paparnya.

BACA : Waspada Akun Palsu Mengatasnamakan Kapolda Kalsel, Jangan Sampai Masyarakat Tertipu

Sementara itu, Direktur Ditpolairud Polda Kalsel Kombes Pol Andi Adnan menyampaikan, menurut data setiap tahunnya mudik masyarakat semakin meningkat, hal ini tentunya berdampak positif bagi perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat.

Namun, disitu ada risiko yang kita hadapi pada saat mudik dengan menggunakan jalur transportasi air, fakta dilapangan dan data yang dihimpun, hampir setiap tahun rentan terjadi kecelakaan di perairan, penyebabnya mayoritas human eror, kapal yang tidak laik laut dan faktor cuaca.

“Kita akan memetakan segala potensi gangguan kamtibmas yang kemungkinan akan timbul pada saat pelaksanaan arus mudik, dari potensi itu dapat kita cari solusinya dan meminimalisir terjadinya kecelakaan di laut,” paparnya.

Data laka laut tiga tahun terakhir terjadi kenaikan, dimana pada tahun 2021 terdapat 2 kejadian, tahun 2022 terdapat 3 kejadian dan tahun 2023 terjadi 4 kejadian.(jejakrekam)

Penulis Iman S
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.