Serahkan LKPJ 2023, Gubernur Kalsel Sampaikan Keunggulan Yang Diraih Dalam Pembangunan Banua

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban(LKPj) Tahun Anggaran 2023, kepada DPRD Provinsi Kalsel.

LAPORAN ini diserahkan gubernur, melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar pada Rapat Paripurna DPRD, yang dilaksanakan di Ruang Rapat H Mansyah Adrian, Rabu (20/3/2024).

Beberapa hal pokok LKPj yang disampaikan adalah, pendapatan daerah terealisasi 108,30 persen, yang terdiri dari pendapatan asli daerah yang terealisasi 107,61 persen. Pendapatan transfer terealisasi 108,70 persen, serta unsur-unsur lain pendapatan daerah terealisasi 138,07 persen. Sementara belanja daerah terealisasi 91,97 persen.

BACA: Finalisasi Raperda LKPj, Ini Sejumlah Rekomendasi Pansus III DPRD untuk Pemprov Kalsel

Capaian indikator makro Kalsel Tahun 2023, diantaranya pertumbuhan ekonomi Kalsel yang mencatatkan pertumbuhan yang baik, di angka 4,84 persen.

Tingkat kemiskinan Kalsel turun hingga 4,29 persen pada periode Maret 2023. Tingkat pengangguran terbuka Kalsel pada Agustus 2023 di angka 4,31 persen juga mengalami penurunan dibanding pada Agustus 2022 yang berada di angka 4,74 persen, yang juga berada di bawah angka nasional yakni 5,32 persen.

Sedangkan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalsel di angka 74,66 persen, berhasil melampaui target 72,2 persen, yang menempatkan Kalsel di peringkat dua regional Kalimantan, dan berhasil melampaui target IPM Nasional di angka 74,39 persen.

Terkait lingkungan hidup, Pemprov Kalsel juga berhasil menurunkan angka emisi gas rumah kaca periode 2016-2022, sebesar 4,95 persen melalui upaya peningkatan serapan tutupan lahan.

Selain itu, keberhasilan dalam meraih sejumlah penghargaan dari Pemerintah Pusat, seperti Penghargaan SAKIP A dan Implementasi Reformasi Birokrasi Tematik Terbaik semua tema Tahun 2023 dari KEMENPAN RB.

Penghargaan Program Kampung Iklim 2023 Kategori Pembina Proklim, Bhumandala Awards, Top Digital Awards 2023 dan sejumlah penghargaan lainnya.

BACA JUGA: DPRD Sampaikan Rekomendasi Terkait LKPj, Gubernur : Kami Siap Menindaklanjuti  

Disampaikan, bahwa laporan ini merupakan sarana untuk terus mengevaluasi kinerja tentunya juga melalui masukan-masukan konstruktif dari DPRD Provinsi Kalsel.

Diyakini, Pemprov Kalsel akan terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan. “Kami akan senantiasa melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” ujar gubernur.

Atas LPKj ini, DPRD Provinsi Kalsel akan membentuk Panitia Khusus yang akan mempelajari dan merumuskan sejumlah rekomendasi untuk Pemprov Kalsel.

Rapat Paripurna kali ini dihadiri oleh dua orang Pimpinan Dewan, serta 30 orang anggota dewan. Kemudian juga diikuti oleh jajaran Forkopimda Kalsel maupun yang mewakili, akademisi, serta sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel atau yang mewakili.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.