Paman Birin Sediakan Stand Gratis di Pasar Wadai Ramadhan 1445 H

0

GUBERNUR Kalsel H Sahbirin Noor menyiapkan stand Pasar Wadai Ramadhan 1445 Hijriah, di Halaman Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin.

STAND Pasar Wadai Ramadhan ini menurut Paman birin, sapaan akrab H Sahbirin Noor, telah disiapkan dan akan resmi dibuka pada Selasa 12 Maret 2024.

Terbuat dari kayu dan beratap daun rumbia, dibalut kesan tradisonal etnik, sejak beberapa hari terakhir ini terus dikerjakan.

BACA: Jadi Kalender Nasional, Sudah Lebih 30 Tahun Pasar Wadai Ramadhan Banjarmasin Dihelat

Tampak gapura pasar wadai dihias dengan ornamen khas Banjar yang religius. Dan diperkirakan sekitar 100 stand disiapkan untuk warga pelaku UMKM serta para wirausaha lainnya.

Disampaikan Gubernur Paman Birin, stand Pasar Wadai Ramadan 1445 H ini akan ditunjukan kepada warga masyarakat pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) secara gratis. “In syaa Allah, Pasar Wadai Ramadhan nanti akan menggerakkan perekonomian warga Banua, dan para pelaku UMKM, khususnya di Banjarmasin,” katanya

Lebih lanjut ungkap Paman Birin, Pasar Wadai Ramadhan selain telah menjadi tradisi setiap bulan puasa, juga menjadi obat rindu warga Banua yang merantau ketika pulang, untuk menikmati aneka kuliner khas Banjar.

BACA JUGA: Ada di Siring Nol Kilometer dan Menara Pandang, Pemprov Kalsel dan Pemkot Banjarmasin Bersaing

Sementara itu, disampaikan Suharyanti, Kepala UPTD Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pelaksana Pasar Wadai Ramadhan 1445 Hijriah, sesuai rencana akan dibuka Gubernur Paman Birin pada Selasa (12/3/2024) sore, dan diramaikan kesenian Sinoman Hadrah.

“In syaa Allah, akan dibuka oleh Bapak Gubernur Paman Birin dan akan dilakukan peninjauan stand-stand Pasar Wadai Ramadhan,” kata Suharyanti.

Lebih lanjut arahan Gubernur Paman Birin, Pasar Wadai Ramadhan ini bertujuan menggerakkan ekonomi masyarakat khususnya UMKM yang membuat makanan dan minuman serta bahan olahan lain untuk keperluan dan kebutuhan masyarakat selama bulan puasa tahun ini.

“Paman Birin berharap, adanya Pasar Wadai Ramadhan ini, pedagang atau UMKM di Kalsel bisa meningkatkan pendapatan mereka dan produk mereka lebih dikenal nantinya,” ujar Suharyanti.

“Pasar wadai ini juga nantinya akan diramaikan dengan berbagai hiburan musik religi dan lain-lain,” ujarnya.

BACA LAGI: Kembali di Depan Balai Kota Banjarmasin, Pasar Wadai Ramadhan 2024 Akan Hadirkan 130 Tenant

Selain masyarakat umum dan UMKM, sejumlah SKPD lingkup Pemprov Kalsel nantinya turut mengisi stand yang tersedia.

Penyediaan tempat berjualan selama ramadhan juga dilakukan Pemprov di tahun- tahun sebelumnya.
Pada Ramadhan 1444 Hijriah tahun lalu, Pasar Wadai disediakan di kawasan Siring Nol Kilometer Jalan Sudirman, atau depan Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin.

Selain jajanan kuliner kue khas Banjar, dalam Pasar Wadai ini juga menjual kebutuhan pokok lainnya seperti ikan dan sayur-sayuran.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.