Program Pembangunan Di Barito Utara Terhambat Akibat APBD Tahun 2024 Belum Clear

0

KEGIATAN pembangunan di Kabupaten Barito Utara, diduga akan terhambat pelaksanaannya. Hal ini diakibatkan APBD tahun anggaran 2024 belum ada titik terang dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

SAMPAI bulan ke tiga tahun anggaran 2024, Kabupaten Barito Utara mengalami keterlambatan. Bukan ketidaksiapan OPD terkait selaku pelaksana teknis kegiatan atau program yang akan dilaksanakan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Syahmiludin A Surapati, saat menghadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Teweh Tengah, Senin (4/3/2024).

Dilanjutkan Syahmiludin, adanya keterlambatan bahwa masalah ABPD Kabupaten Barito Utara tahun anggaran 2024, karena belum clear dari Pemprov Kalteng. Semestinya kepentingan masyarakat itu jangan sampai dikorbankan, karena akan menghambat pembangunan di Barito Utara.

Syahmiludin menjelaskan, selama tiga bulan berjalan Pemerintah Kabupaten Barito Utara (OPD) belum bisa melakukan apa-apa. “Kami dari OPD siap betul dengan eksekusi itu. Hanya saja legalitas dan payung hukum masih belum ada, dan yang terkendala dengan APBD Tahun 2024,” imbuhnya.

BACA: Hari Terakhir Musrenbang RKPD Dilaksanakan di Kecamatan Teweh Tengah

Syahmiludin menerangkan, untuk pembangunan Tanam Kanak-kanak saja, sebanyak 23 TK dengan 39 kegiatan. Dana yang dialokasikan sebesar Rp 6,7 miliar.

Sedangkan untuk Sekolah Dasar (SD), dengan 26 sekolah dengan 65 kegiatan, menelan dana sebesar Rp 19,97 miliar. Dan untuk SMP, ada 15 unit termasuk pembangunan asrama, dengan total dana yang dialokasikan Rp 31 Miliar dengan 61 kegiatan.

“Jadi hal ini menunjukan bahwa Pemerintah Kabupaten Barito Utara memang betul sangat memperhatikan pembangunan bidang pendidikan dan siap melakukan pembangunan, namun terkendala itu tadi,” ucapnya.

Dirinya juga meminta kepada Kepala Desa untuk menyampaikan hal tersebut, jangan sampai masyarakat mengeluh dengan tidak adanya pembangunan. “Kita memiliki kewajiban untuk menuntut provinsi untuk cepat menyelesaikan APBD kita, agar pembangunan di daerah kita ini bisa berjalan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.