Pokmas Usaha Maju Bersama Panen Ribuan Ekor Nila, Ini Harapan Walikota Banjarbaru

0

RIBUAN ekor ikan nila milik Pokmas Usaha Maju Bersama siap dipanen. Hal itu disampaikan Ketua Pokmas Usaha Maju Bersama, Suprayitno dalam perhelatan panen raya RT Mandiri yang dihadiri langsung oleh Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Arifin di RT.07 RW.03 Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin, Rabu (27/12/2023).

SUPRAYITNO mengatakan, ada 5 ribu ekor ikan nila yang dibudidayakan. Yang mana, dalam satu kolam bioflok digunakan untuk membudidayakan 500 ekor ikan nila.

“Kita ada 10 kolam bioflok. Masa panen idealnya 6 bulan, tapi 5 bulan kita sudah bisa panen,” tuturnya. Suprayitno menyebut, ikan nila yang dipanen saat ini masih untuk mencukupi untuk konsumsi warga.

“Sementara ini belum dijual, baru untuk masyarakat dulu. Ke depannya kita harus lanjutkan, bahkan kalau ada permintaan lagi misalnya ikan gurame kita akan lakukan hal itu,” ringkasnya.

BACA : Program RT Mandiri, Pokmas Berkat Mufakat Panen Ratusan Kilogram Ikan Papuyu

Sementara itu, Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Arifin  mengungkapkan rasa bangga kepada Pokmas Usaha Bersama.

“Kalau hari ini panennya ikan segar, kita berharap kedepannya bukan hanya ikan yang dipanen. Tetapi menghadirkan turunannya yang bisa diolah, misalnya menjadi kerupuk dan abon ikan,” ucapnya.

Lanjut Aditya, jadi semua turunannya sehingga apa yang hari ini sudah dipanen ke depannya memiliki nilai tambah untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Dan yang paling penting hari ini sudah panen yang dimana sudah menghasilkan, kalau hasilnya sudah banyak rangkul lagi keluarga-keluarga yang ada dilingkungan RT. Libatkan ibu-ibu rumah tangga dan anak muda agar diberdayakan sehingga meningkatkan kemandirian dan berkelanjutan ,” tuturnya.

BACA JUGA :  Ratusan Tapping Box Tersebar Di Banjarbaru, Tukar Struk Pembelian Makanan Berhadiah Sepeda Motor Hingga Umroh

Prestasi ini, ujar orang nomor satu di Banjarbaru ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi anggota Pokmas Usaha Bersama tetapi juga memperkuat ikatan sosial diantara lingkungan RT.

“Semangat kebersamaan dan tanggung jawab bersama terus menjadi pendorong utama keberhasilan Program RT Mandiri ini. Keberhasilan panen raya ikan nila kali ini juga bukan hanya sukses dalam segi produksi, tetapi juga mewakili contoh inspiratif bagi Pokmas lainnya untuk bergerak maju dalam pengembangan bantuan melalui Program RT Mandiri,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheila Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.