Gempa Berkekuatan 4.0 skala ritcher di Balangan, Kalak BPBD Pinta Masyarakat Jangan Panik

0

KEPALA Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan, H Rahmi mengimbau kepada masyarakat Balangan agar jangan panik terkait adanya informasi gempa.

“KAMI imbau masyarakat jangan panik terkait adanya informasi gempa ini,” imbau H Rahmi di Balangan, Senin (13/11/2023).

H Rahmi menuturkan untuk di Kabupaten Balangan saat ini keadaan di lapangan, pihaknya belum mendapatkan adanya laporan dampak dari gempa yang terjadi.

BACA : Gempa-Tsunami Pagatan Hoaks, Polda Kalsel Buru Pelaku Penyebar Info

Menurut H Rahmi, karena memang keterangan dari Kepala BMKG Kalimantan Selatan bahwa kalau gempa berkekuatan di bawah lima skala ritcher tidak berasa.

H Rahmi melanjutkan karena yang menimbulkan getaran ataupun berdampak kepada kerusakan yaitu berkekuatan di atas enam skala ritcher, dan yang terjadi m di Balangan saat ini berkekuatan hanya 4,0 skala ritcher.

“Informasi ini juga memang sudah kita konfirmasi yaitu dengan berkoordinasi dengan Kepala BMKG Kalsel, dimana beliau memberikan keterangan bahwa itu memang betul terjadi dan informasinya valid,” ujar H Rahmi.

BACA JUGA : Kalsel Butuh Komitmen Kuat Selesaikan Problem Hidrometeorologi di Banua

Selain itu ucap H Rahmi, untuk gempa yang kekuatannya berskala di bawah lima skala ritcher itu hampir setiap hari terjadi di luar pulau Kalimantan bahkan mencapai ratusan kali.

Terakhir H Rahmi mengajak kepada masyarakat Balangan, untuk selalu berdo’a kepada Allah SWT agar semuanya dalam keadaan aman dan terkendali serta selalu dijauhkan daripada marabahaya.

Diketahui sebelumnya Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Kalimantan Selatan mengumumkan kejadian gempa bumi di daerah sekitar Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan pada Senin (13/11/2023) pagi.

Gempa terjadi pada pukul 07:39 WIB atau pukul 8.39 Wita dengan kekuatan 4.0 skala ritcher, titik gempa berada pada koordinat 2.17 LS-115.59 BT dari kedalaman 10 kilometer.(jejakrekam)

Penulis Herry/MC Balangan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.